Ini Cara dan Syarat Penyintas Covid-19 Jadi Pendondor Plasma Konvalesen

Ini Cara dan Syarat Penyintas Covid-19 Jadi Pendondor Plasma Konvalesen
PMI Jakarta Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen. ©2021 Liputan6.com/Faizal Fanani
JATIM | 28 Juli 2021 15:08 Reporter : Magang

Merdeka.com - Seiring meningkatnya kasus Covid-19, kebutuhan plasma konvalesen atau plasma darah di berbagai daerah mengalami peningkatan. Plasma konvalesen dari penyintas Covid-19 digunakan untuk terapi penyembuhan pasien Covid-19. Hal ini dilakukan dengan harapan bisa membantu pembentukan antibodi pada tubuh pasien yang masih sakit karena Covid-19.

Terapi ini diharapkan mampu mencegah penyakit berkembang lebih parah, serta mempercepat waktu penyembuhan. Efektivitas donor plasma konvalesen ini bisa mencapai 100 persen. Pendonor plasma konvalesen diutamakan seorang penyintas Covid-19 yang sebelumnya mengalami gejala ringan hingga sedang. Hal ini dikarenakan kadar antibodi tertinggi banyak ditemukan pada penderita Covid-19 dengan gejala sedang.

Pentingnya plasma darah Konvalesen bagi pasien positif Covid-19 dengan gejala berat. Namun, sulitnya mendapatkan, membuat beberapa pihak berupaya membantu memudahkan mendapat donor plasma.

Pemerintah dan PMI telah mencanangkan gerakan nasional donor plasma konvalesen yang bisa dilakukan oleh para penyintas Covid-19. Bagi para penyintas Covid-19 yang memenuhi syarat dan ingin mendonorkan plasma Konvalesen bisa mendaftarkan diri.

Berikut ini cara daftar donor Plasma Konvalesen untuk pasien Covid-19, seperti dilansir dari laman covid19.go.id, Rabu (28/7).

Syarat Donor Plasma Konvalesen.

Sebelum mengetahui cara daftar donor plasma Konvalesen, perlu diketahui terlebih dahulu syaratnya. Berikut ini syarat menjadi pendonor plasma Konvalesen:

1. Usia 18-60 tahun.
2. Berat badan ≥ 55 kg.
3. Diutamakan pria, apabila perempuan belum pernah hamil.
4. Pernah terkonfirmasi Covid-19 dengan Surat keterangan sembuh dari dokter yang merawat.
5. Bebas keluhan minimal 14 hari.
6. Tidak menerima transfusi darah selama enam bulan terakhir.
7. Lebih diutamakan yang pernah mendonorkan darah.

Baca Selanjutnya: Cara Daftar Donor Plasma Konvalesen 1...

Halaman

(mdk/snw)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami