5 Ruas Jalan Tol di Indonesia yang Sering Makan Korban, Wajib Waspada

5 Ruas Jalan Tol di Indonesia yang Sering Makan Korban, Wajib Waspada
Kecelakaan di Tol Cipali. ©2019 Liputan6.com
JATIM | 19 Februari 2020 19:30 Reporter : Miftahul Arifin

Merdeka.com - Jalan tol di Indonesia mulai beroperasi pada tahun 1978. Tol pertama yang dioperasikan adalah jalan tol Jagorawi dengan panjang 59 km (termasuk jalan akses).

Tol Jagorawi menghubungkan Jakarta, Bogor, dan Ciawi. Pembangunan jalan tol yang dimulai tahun 1975 ini dilakukan oleh pemerintah dengan dana dari anggaran pemerintah dan pinjaman luar negeri yang diserahkan kepada PT. Jasa Marga (persero) Tbk.

Pemerintah menargetkan pembangunan jalan tol mencapai 4.700 km hingga 5.200 km hingga tahun 2024. Artinya pemerintah perlu membangun ruas tol sepanjang 2.500 km lagi hingga 2024 nanti.

Beberapa ruas jalan tol yang sudah ada ternyata menyimpan banyak cerita. Banyak kejadian 'mengerikan' terjadi di sana. Salah satu yang kerap terjadi adalah kecelakaan, baik kecelakaan tunggal maupun beruntun.

Tidak hanya terjadi sekali dua kali, kecelakaan di beberapa ruas jalan tol bahkan pernah terjadi berulang. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa ruas jalan tol di Indonesia yang sering memakan korban.

Baca Selanjutnya: 1 Tol Cipali...

Halaman

(mdk/mif)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami