Jenis Minuman Teh Paling Populer, Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Jenis Minuman Teh Paling Populer, Kaya Manfaat untuk Kesehatan
JATIM | 17 Juni 2020 12:30 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Teh adalah minuman favorit dunia setelah air putih di seluruh dunia. Teh mewakili industri sebesar $10 miliar di AS dan industri sebesar $38,8 miliar di seluruh dunia. Teh adalah minuman yang sempurna karena cocok untuk segala acara dan dapat disajikan setiap saat sepanjang hari.

Dengan begitu banyak jenis minuman teh dan manfaat yang ditawarkannya, popularitas yang disadang oleh jenis minuman teh ini memang pantas didapatkan. Dalam variasi teh itu sendiri, terdapat puluhan jenis teh yang bisa Anda temukan. Bahkan muncul juga perdebatan mengenai jenis minuman teh mana yang paling populer di dunia.

Dalam artikel kali ini, akan dibahas secara detail mengenai asal-usul teh dan jenis minuman teh terpopuler yang ada di seluruh dunia beserta kandungan manfaat yang ditawarkannya.

1 dari 9 halaman

Mengenal Asal Usul Teh

015 tantri setyorini

© FoodAndTraditions.com

Mengutip freshtea.com, teh telah diracik dan dimanfaatkan sebagai minuman selama ribuan tahun. Legenda mengatakan bahwa kaisar dan dukun Cina, Shennong, menemukan teh secara tidak sengaja pada 2737 SM. Suatu hari dedaunan kering tanaman di dekatnya jatuh ke dalam cangkirnya. Namun, minuman hasil rebusan daun itu masih dianggap obat murni sampai sekitar 300 SM. Baru beberapa tahun kemudian teh menjadi bisnis yang berkembang pesat di seluruh dunia.

Minum teh menjadi populer di Inggris pada abad ke-17. Namun, teh mahal untuk diimpor sehingga biasanya teh diselundupkan untuk menghindari membayar biaya bea cukai. Teh ilegal ini akan mengandung daun kering dari tanaman lain dan potongan kulit kayu untuk meningkatkan keuntungan.

Sejak gelombang minum teh menjadi arus utama dan mengikuti gerakan sosial untuk menggantikan minuman keras sebagai minuman standar kelas pekerja, toko-toko teh dibuka, dan teh menjadi favorit perusahaan sejak saat itu. Masyarakat Turki mengkonsumsi teh terbanyak di dunia, dengan rata-rata tujuh pound per orang setiap tahunnya.

Sementara Turki berkontribusi sebesar seperlima dari pasokan dunia untuk memenuhi permintaan, dua negara lain juga ikut mendominasi. Teh mungkin lahir di Cina, tetapi India adalah raksasa produksi teh, dengan perdagangan teh mereka terbesar kedua setelah industri pariwisata. Industri teh di India sebenarnya diciptakan oleh Inggris untuk menyaingi monopoli China.

Selama bertahun-tahun berbagai negara telah bereksperimen dengan berbagai rasa teh dan banyak varian teh baru bermunculan untuk mewakili daerah tertentu. Setelah mengetahui dari mana teh berasal, berikut adalah beberapa jenis teh teratas dan terpopuler di dunia yang perlu Anda tahu. Seperti halnya produk lain, popularitas jenis teh tertentu naik dan turun seiring waktu. Tetapi beberapa jenis teh tetap populer secara konsisten selama ratusan tahun dan terus diminum di seluruh dunia.

2 dari 9 halaman

Jenis Teh

Dengan begitu banyak jenis teh yang tersedia, Anda mungkin akan terkejut mengetahui bahwa sebenarnya hanya ada lima jenis teh. Banyak teh paling populer berasal dari 5 teh ini. Bahkan infus teh yang paling eksotis, menarik atau aneh berasal dari 5 teh dasar ini. Ini adalah tanaman Camellia sinensis:

  • Hitam
  • Hijau
  • Putih
  • Oolong
  • Pu'er

Variasi teh tergantung pada bagaimana daun diperlakukan setelah dipetik. Di dalam teh "asli" dan herbal ini, berbagai jenis minuman teh muncul sesuai dengan perawatan lebih lanjut dan di mana tanaman teh tersebut ditanam. Saat ini banyak eksperimen datang dalam bentuk teh detoks, teh relaksasi, dan teh energi. Ada teh untuk setiap suasana hati.

Dengan begitu banyak varian yang tersedia, Anda mungkin bertanya-tanya pada diri sendiri, apa jenis teh terbaik? Popularitas mereka masing-masing dapat memberi indikasi teh mana yang biasanya dianggap sebagai minuman terbaik. Berikut ini adalah teh-teh paling populer yang wajib Anda ketahui.

3 dari 9 halaman

1. Teh Darjeeling

hitam

©2018 Merdeka.com/Pixabay

Jenis minuman teh terpopuler yang pertama adalah Darjeeling. Teh hitam secara umum adalah teh yang paling terkenal di dunia, teh Darjeeling adalah salah satunya. Teh ini berasal dari India dan merupakan jenis teh terbaik. Teh Darjeeling memiliki rasa yang lebih ringan dibandingkan dengan teh hitam lainnya.

Teh hitam adalah jenis teh yang paling diproses, dipanen, layu, digulung, dioksidasi dan dikeringkan. Warnanya berasal dari enzim yang bereaksi dengan oksigen, yang terpapar selama proses penggulungan. Terlepas dari namanya, Darjeeling adalah teh hitam berwarna terang dengan aroma bunga yang menyenangkan.

Teh Darjeeling hanya berasal dari wilayah Benggala Barat, yang menyebabkan julukannya sebagai "sampanye teh". Teh ini dipetik selama bulan-bulan musim semi dan musim panas. Teh Darjeeling dapat ditemukan di restoran, toko teh, dan kafe di seluruh dunia. Tidak diragukan lagi, ini adalah teh hitam terbaik di dunia.

4 dari 9 halaman

2. English Breakfast

5 jenis teh ini baik dikonsumsi oleh penderita diabetes

www.boldsky.com

Jenis minuman teh terpopuler kedua adalah English Breakfast. English Breakfast adalah teh paling populer di Inggris. Di Inggris, sebanyak 84% orang minum teh atau setara dengan 165 juta cangkir per hari. Sebagian besar dari ini adalah campuran teh hitam Assam, Ceylon dan Kenya yang merupakan teh jenis English Breakfast.

Teh English Breakfast sebenarnya awal muncul di negara tetangga Skotlandia, tetapi Ratu Victoria sangat menyukainya sehingga ia membawanya kembali melewati perbatasan selama abad ke-19. Diminum secara tradisional dengan susu dan gula untuk mengurangi kekuatannya, teh English Breakfast memiliki rasa yang kaya dan lezat. Ini adalah teh paling populer di Inggris dan banyak variasinya yang tersebar di sana.

5 dari 9 halaman

3. Matcha

hijau

©2016 Boldsky

Jenis minuman teh terpopuler ketiga adalah matcha atau teh hijau. Teh hijau telah terbukti memiliki manfaat di atas jenis teh lainnya. Dalam hal pengolahan, teh hijau dipanen, layu dan dikeringkan segera untuk mencegah oksidasi dan mempertahankan warna hijau alami dan kandungan nutrisinya.

Teh hijau telah diketahui memiliki konsentrasi antioksidan dan polifenol yang tinggi - jenis tertinggi yang disebut katekin di antara teh asli. Ini telah ditemukan untuk membantu mengurangi risiko kanker, resistensi insulin, dan tekanan darah tinggi. Matcha memiliki bentuk unik berupa bubuk halus, yang sebenarnya diseduh ke dalam teh, bukan disaring. Matcha mengandung konsentrasi antioksidan dan nutrisi yang sangat tinggi terkait dengan teh hijau.

6 dari 9 halaman

4. Chai

chai

©www.enkivillage.com

Jenis minuman teh terpopuler keempat adalah chai. Chai bukan hanya salah satu jenis teh India yang paling populer, tetapi juga salah satu minuman favorit di negara tersebut. Kata ‘chai’ sebenarnya hanya berarti teh, tetapi kata ini menandakan teh panas dengan rasa terbaik. Chai sering dibuat menggunakan teh India, Assam dan Darjeeling. Namun chai bisa juga dibuat dengan sebagian besar jenis teh hitam dan bahkan teh hijau.

Chai dibuat dengan cara merebus susu, air, dan daun teh bersama-sama sampai membentuk cairan berwarna cokelat susu. Kemudian diisi dengan rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, kapulaga, dan cengkeh; dan dimaniskan dengan madu atau gula.

Saat ini, chai sering dipenuhi dengan unsur-unsur non-tradisional seperti cokelat atau vanila di kafe dan toko-toko. Popularitas masala chai terus tumbuh. Anda mungkin menemukan beberapa bentuk chai di restoran atau kafe baik dalam bentuk minuman tradisional atau semacam chai latte.

7 dari 9 halaman

5. Earl Grey

lemon

 

Shutterstock/YuG

Jenis minuman teh terpopuler yang kelima adalah earl grey. Earl Grey adalah teh populer lainnya di Inggris. Menurut cerita, jenis teh ini dibuat oleh Twinings pada 1831 untuk Perdana Menteri saat itu, Earl Grey.

Basis teh Earl Grey dapat dibuat dengan sebagian besar varietas teh hitam, namun secara tradisional Earl Grey adalah campuran teh India dan Ceylon. Ditambahkan pada jenis teh ini adalah bergamot - buah jeruk seperti campuran jeruk, lemon, dan jeruk bali. Teh Earl Grey paling baik disajikan tanpa susu atau gula. Sepotong lemon adalah pelengkap sempurna untuk teh Earl Grey panas yang masih berasap dan harum. Sepotong kue juga cocok dengan teh Earl Grey.

8 dari 9 halaman

6. Jasmine

ilustrasi teh melati

Shutterstock/Liv friis-larsen

Jenis minuman teh keenam terpopuler adalah teh jasmine. Jenis minuman teh ini biasa disajikan di restoran Cina dan merupakan jenis teh yang paling banyak dikonsumsi oleh oarang-orang. Jasmine adalah salah satu jenis teh yang paling umum dan jenis teh paling populer di Cina.

Teh ini memiliki aroma lembut dan rasa yang ringan dan menyegarkan, cocok diminum sepanjang hari. Basis untuk teh melati biasanya dibuat dari daun hijau, tetapi teh oolong, teh hitam atau teh putih juga dapat digunakan. Daunnya dibumbui dengan kelopak melati untuk rasa teh yang sedikit manis.

9 dari 9 halaman

7. Chamomile

ilustrasi teh chamomile

©2019 Merdeka.com/Pixabay

Jenis minuman teh terpopuler ketujuh adalah teh chamomile. Chamomile mungkin adalah salah satu teh terbaik dan terkenal di dunia, terutama jika membicarakan tentang varietas teh herbal. Teh chamomile dikenal karena sifatnya yang menenangkan dan menyejukkan.

Teh ini dibuat dari bunga yang dapat dimakan dari tanaman Matricaria chamomilla. Teh chamomile memiliki rasa bunga yang halus dan merupakan favorit di antara banyak orang untuk minuman panas bebas kafein.

Selain fleksibilitasnya, teh chamomile telah terbukti membantu relaksasi dan merupakan pilihan yang sangat baik untuk membantu tidur Anda. Terdapat pula studi tentang bagaimana teh chamomile dapat membantu menghilangkan gejala depresi dan kecemasan.

(mdk/edl)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami