Masalah Anak-anak SD yang Harus Diperhatikan, Bantu Optimalkan Tumbuh Kembang

Masalah Anak-anak SD yang Harus Diperhatikan, Bantu Optimalkan Tumbuh Kembang
ilustrasi anak belajar. © Dailymail.co.uk
JATIM | 29 Juli 2021 09:01 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Anak usia sekolah biasanya adalah anak yang sedang berada pada fase di mana keterampilan motorik mereka sedang berkembang secara signifikan. Namun perlu diketahui bahwa, anak-anak SD juga sudah mulai mengalami permasalahan lain seperti intimidasi, kebutuhan nutrisi, dan juga pendidikan seks.

Bullying di masa kecil dan kekerasan di sekolah dapat memiliki konsekuensi seumur hidup bagi anak-anak SD. Jika anak Anda diintimidasi, tanggapi situasinya dengan serius. Bantu anak membuat rencana untuk menghentikan intimidasi tersebut dan lakukan langkah preventif yang diperlukan.

Dan ketika topik kesehatan anak-anak SD beralih ke pendidikan seks, ingatlah bahwa anak-anak dalam kelompok usia ini tidak membutuhkan satu pun diskusi yang terlalu spesifik. Ikuti saja petunjuk dari anak tentang apa yang perlu dia ketahui, dan kapan waktu yang tepat untuk mengetahuinya.

Penting juga untuk mengetahui mengapa anak-anak SD cenderung sering jatuh sakit dan cara terbaik untuk menghindari penyakit baik dari lingkungan sekolah maupun lingkungan bermain. Berikut selengkapnya mengenai masalah kesehatan anak-anak SD yang patut Anda ketahui sebagai orangtua.

Baca Selanjutnya: Bullying pada Anak-anak SD...

Halaman

(mdk/edl)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami