Keseruan Pertukaran Pemuda Antar Provinsi di Lumajang, Datang dari Sabang - Merauke

Keseruan Pertukaran Pemuda Antar Provinsi di Lumajang, Datang dari Sabang - Merauke
Ilustrasi pemuda. ©2022 Merdeka.com/Freepik
JATIM | 7 Juli 2022 08:29 Reporter : Rizka Nur Laily M

Merdeka.com - Sebanyak 34 pemuda dari Sabang hingga Merauke mengikuti kegiatan Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) 2022 yang digelar di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Plt Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak berpesan kepada 34 peserta PPAP 2022 agar senantiasa memegang teguh nilai kebangsaan untuk menyatukan keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia.

"Harus dapat menjadi satu kesatuan. Para pemuda juga harus memiliki pemahaman mengenai keberagaman dan mengerti bahwa di balik keberagaman itu ada kesamaan cita-cita," pesannya saat membuka PPAP 2022 di Bumi Perkemahan Glagaharum, Kabupaten Lumajang, Rabu (6/7/2022).

PPAP diikuti masing-masing satu orang perwakilan dari setiap provinsi di Tanah Air. Kegiatan ini diharapkan dapat merajut persaudaraan serta kebersamaan pemuda-pemudi dari Sabang sampai Merauke.

2 dari 4 halaman

Pengalaman Pribadi

ilustrasi pemuda
©2022 Merdeka.com/Freepik

Emil Dardak juga sempat menceritakan pengalaman pribadinya mengikuti kegiatan serupa, yakni berkumpul dengan perwakilan anak-anak dari berbagai daerah di Indonesia. 

"Saya beberapa kali mengikuti acara mewakili provinsi tempat saya berdomisili, saat itu adalah DKI Jakarta, tepatnya Hari Pendidikan Nasional jenjang SMP pada 1997. Saya diberi kesempatan berdialog dengan Bapak Presiden Soeharto saat itu di Istana Negara," ungkap Mantan Bupati Trenggalek itu.

Menurut dia, pengalaman tersebut sangat berharga. Terlebih setelah kegiatan tersebut, para peserta dari berbagai provinsi itu masih menjalin komunikasi satu sama lain. 

3 dari 4 halaman

Siapkan SDM Unggul

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh PEMUDA MEMBANGUN DESA🏡 (@ppapjatim.2022)

 

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Asrorun Ni'am Sholeh yakin 34 pemuda-pemudi peserta PPAP 2022 ini akan menjadi pemimpin masa depan.

"Ini upaya membangun sumber daya manusia unggul demi Indonesia Maju. Kalau mencita-citakan Indonesia Emas pada 2045, usia adik-adik ini nantinya adalah 30-40 tahunan. Maka kalian akan menjadi agen perubahan dan garda terdepan," tuturnya di hadapan para peserta, dikutip dari Antara.

Lebih lanjut, ia berpesan kepada para peserta untuk menyiapkan bekal menghadapi berbagai permasalahan dalam hidup. 

"Masalah akan selalu ada, tapi yang terpenting bagaimana kalian menghadapinya. Lalu kabarkan kabar baik ini pada dunia," imbuhnya. 

4 dari 4 halaman

Bangga Jadi Tuan Rumah

 Pada kesempatan sama, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati Masdar mengaku bangga daerahnya dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan PPAP 2022.

"Tuan rumah ini tentu berkah bagi Lumajang. Terima kasih kepercayaannya yang luar biasa, baik dari Kemenpora maupun Pemprov Jatim," ujarnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan PPAP 2022, para peserta akan ditugaskan di 17 desa untuk saling bertukar ilmu, termasuk memotivasi para pemuda dan pemudi di Lumajang.

"Semoga ke depan pemuda kita bisa semakin mendunia," pungkas Wabup Indah.

(mdk/rka)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini