Khasiat Buah Beet untuk Kesehatan Tubuh, Bantu Tingkatkan Performa Atletik

Khasiat Buah Beet untuk Kesehatan Tubuh, Bantu Tingkatkan Performa Atletik
Buah Bit. ©2020 Merdeka.com/www.pixabay.com
JATIM | 1 Desember 2021 15:15 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Buah beet adalah jenis sayuran serbaguna yang dikenal karena rasa dan aromanya yang khas. Buah beet merupakan salah satu varietas dari spesies Beta vulgaris. Buah ini sering ditambahkan sebagai bahan untuk salad, sup, acar dan juga digunakan sebagai zat pewarna alami. Tak jarang buah ini juga dibuat menjadi jus.

Buah beet merupakan sumber sukrosa yang baik, sehingga seringkali dijadikan sebagai pengganti tebu. Buah beet bahkan sering digunakan untuk membuat gula rafinasi. Sejarah buah beet membentang hingga ke zaman kuno, dan tanda-tanda awal budidaya mereka sekitar 4.000 tahun yang lalu di wilayah Mediterania.

Beberapa khasiat buah beet yang paling utama adalah mampu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan meningkatkan kinerja atletik. Buah ini juga membantu memberi bantuan degenerasi makula, meningkatkan sirkulasi darah, baik untuk perawatan kulit, mencegah katarak, membangun kekebalan tubuh, dan meringankan masalah pernapasan.

Menurut Database Nutrisi Nasional USDA, beet adalah sayuran akar bergizi tinggi yang merupakan sumber vitamin dan mineral, seperti kalium, natrium, zat besi, folat, fosfor, magnesium, kalsium, vitamin C, dan vitamin B seperti tiamin, niasin, dan riboflavin. Juga kaya akan antioksidan, bit mendapatkan warna yang dalam dari pigmen betalain, yang memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.

Buah ini juga memiliki senyawa fitokimia seperti anthocyanin, karotenoid, lutein/zeaxanthin, glisin, dan betaine yang melimpah. Buah beet adalah sumber serat makanan dan rendah lemak, kolesterol, dan kalori. Dilansir dari healthline.com dan organicfacts.net, berikut adalah beberapa khasiat buah beet yang menarik untuk Anda ketahui.

2 dari 4 halaman

1. Bantu Turunkan Tekanan Darah

Khasiat buah beet yang pertama adalah untuk membantu menurunkan tekanan darah. Buah beet memiliki kandungan diet nitrat yang melimpah, di mana hal ini bisa diubah menjadi oksida nitrat dalam tubuh. Nitric oxide membantu mengendurkan dan melebarkan pembuluh darah, sehingga menurunkan tekanan darah dan mencegah hipertensi.

Dr Shannon Amoils, penasihat penelitian senior di British Heart Foundation, dalam studinya menuliskan bahwa mengonsumsi segelas jus buah beet setiap hari dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

2. Tingkatkan Performa Atletik

Khasiat buah beet yang kedua adalah untuk membantu meningkatkan performa atletik. Sebuah makalah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology menunjukkan bahwa konsumsi buah beet utuh yang kaya nitrat dapat meningkatkan kinerja lari pada orang dewasa yang sehat.

Dalam studi lain, peneliti menemukan bahwa orang yang minum jus buah beet mengalami peningkatan penyerapan oksigen hingga 16 persen. Ini lebih dari apa yang dapat ditingkatkan oleh orang normal dengan berlatih secara ekstensif. Jus bit telah terbukti meningkatkan kinerja atletik pada pelari, perenang, dan pengendara sepeda, menjadikannya minuman olahraga yang menarik.

Beet juga mengandung sejumlah besar karbohidrat yang menyediakan energi untuk aktivitas olahraga yang berkepanjangan. Karbohidrat adalah bahan pembangun alami metabolisme energi, dan buah ini menyediakannya tanpa efek samping negatif dari banyak makanan kaya karbohidrat lainnya. Tingkat karbohidrat yang optimal memastikan semua reaksi metabolisme penting yang menjaga organ berfungsi secara efisien.

3. Tingkatkan Kesehatan Pencernaan

Khasiat buah beet yang ketiga adalah untuk membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Pada Abad Pertengahan, buah beet telah digunakan sebagai obat untuk mengobati gangguan pencernaan termasuk sembelit.

Serat dan antioksidan yang ada dalam buah ini membantu mengeluarkan zat beracun dari tubuh, dan menjaga kesehatan pencernaan pada tingkat yang optimal.

3 dari 4 halaman

4. Tingkatkan Kesehatan Otak

Khasiat buah beet yang ke empat adalah untuk membantu meningkatkan kesehatan otak. Buah beet meningkatkan neuroplastisitas otak karena nitrat yang ada di dalamnya. Nitrat ini membantu meningkatkan oksigenasi korteks somatomotor, area otak yang sering terpengaruh pada tahap awal demensia.

Seiring bertambahnya usia, aliran darah ke otak menurun, yang sering menyebabkan penurunan kognisi. Makan buah beet dapat memperlambat atau mencegah proses ini. Studi yang diterbitkan dalam Journals of Gerontology menegaskan bahwa jus buah beet yang dikombinasikan dengan olahraga pada orang dewasa yang lebih tua dapat memiliki dampak yang lebih positif.

5. Promosikan Penurunan Berat Badan

Khasiat buah beet yang kelima adalah untuk membantu mempromosikan penurunan berat badan. Dikemas dengan nutrisi dan serat, buah beet adalah tambahan yang sangat baik untuk diet penurunan berat badan.

Magnesium dan potasium dalam bit membantu mendetoksifikasi tubuh dan membuang kelebihan air, mencegah kembung. Nutrisi ini membantu mengoptimalkan metabolisme dan menurunkan berat badan berlebih. Jus buah beet sering diresepkan dalam diet detoksifikasi.

6. Cegah Anemia dan Bantu Detoksifikasi Hati

Khasiat buah beet yang ke enam adalah untuk membantu mencegah anemia sekaligus mendetoksifikasi hati. Buah beet merah memiliki sejumlah besar zat besi, yang membantu mencegah anemia dan meningkatkan regenerasi sel darah merah. Selanjutnya, vitamin C dalam bit membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

Sementara itu, dalam penelitian hewan diketahui bahwa betaine dalam buah beet dapat merangsang fungsi hati dan menjaganya tetap sehat. Ada juga pektin, serat larut air dalam buah ini, yang dapat membantu mengeluarkan racun dari hati. Buah beet adalah salah satu makanan super yang memiliki kemampuan untuk membalikkan perlemakan hati.

4 dari 4 halaman

7. Tingkatkan Kesehatan Jantung

Khasiat buah beet yang berikutnya adalah untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung. Betaine, sebuah senyawa yang hadir dalam bit, adalah senyawa bioaktif kuat yang membantu menurunkan kadar homosistein dalam tubuh. Kadar homosistein yang tinggi dapat menyebabkan masalah kardiovaskular, seperti serangan jantung, dan stroke.

Betalain lebih lanjut membantu menghambat peradangan kronis pada penyakit jantung. Serat dalam buah beet membantu mengurangi kolesterol dan trigliserida dengan meningkatkan kadar kolesterol HDL yang baik.

Serat juga berfungsi untuk menghilangkan kelebihan kolesterol LDL (jahat) dari tubuh dengan cepat. Dengan demikian, konsumsi buah beet dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular seperti aterosklerosis dalam berbagai cara, sesuai dengan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients.

8. Bertindak Sebagai Afrodisiak

Khasiat buah beet yang selanjutnya adalah dapat berindak sebagai afrodisiak. Buah beet telah dianggap sebagai afrodisiak, atau penguat seksual selama ribuan tahun. Hal ini berasal dari fakta bahwa beet mengandung kadar mineral boron yang signifikan yang membantu meningkatkan produksi hormon seksual.

Kandungan ini dapat menyebabkan peningkatan libido, peningkatan kesuburan, dan peningkatan motilitas sperma. Kehidupan seksual Anda bisa mendapatkan dorongan yang baik dan teruji waktu ke arah yang benar dengan menambahkan buah beet ke dalam makanan Anda.

9. Kurangi Cacat Lahir

Khasiat buah beet yang terakhir adalah untuk membantu mengurangi cacat lahir pada bayi. Buah beet baik untuk ibu hamil karena merupakan sumber vitamin B folat, yang membantu perkembangan tulang belakang bayi. Kekurangan folat dapat menyebabkan berbagai cacat lahir seperti cacat tabung saraf.

(mdk/edl)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami