Kisah Haru 4 Pelajar di Bawah 16 Tahun Lolos SNMPTN Unair, Begini Perjuangannya

Kisah Haru 4 Pelajar di Bawah 16 Tahun Lolos SNMPTN Unair, Begini Perjuangannya
Universitas Airlangga. ©panoramio.com
JATIM | 23 Maret 2021 07:45 Reporter : Rizka Nur Laily M

Merdeka.com - Empat orang pelajar berusia di bawah 16 tahun diterima di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021. Hal ini disampaikan Rektor Unair Surabaya Prof. Dr. Mohammad Nasih.

"Mahasiswa termuda dengan nama Ainiyah Hasna Fadhilah dari MAN 2 Kota Madiun kelahiran 2005, atau tepatnya usia 15 tahun, 4 bulan. Dia diterima di Prodi Kesehatan Masyarakat," ujar Prof. Nasih di Surabaya, Senin (22/3/2021), mengutip dari ANTARA.

2 dari 3 halaman

Didominasi Perempuan

Pelajar termuda berikutnya yang diterima di jalur SNMPTN Unair yakni Hasna Azizah dari SMAS International Islamic High School (IIHS) DKI Jakarta. Gadis kelahiran 23 September 2005 itu diterima di program studi Ilmu Hukum.

"Ketiga, Risqi Nabila Ramadhani dari SMAN 1 Ponorogo yang lahir 19 Juli 2005 diterima di Prodi Kedokteran, dan Anditya Azzahra dari SMAN 1 Taman Sidoarjo yang lahir pada 17 Juni 2005 diterima di Farmasi," imbuhnya.

Rektor yang juga Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi itu menambahkan, seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini jumlah calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN di Unair didominasi oleh perempuan. Jumlahnya lebih dari 78 persen.

"Hal itu karena di sekolah perempuan posisinya sangat bagus sehingga kesempatan lolos ke SNMPTN lebih terbuka," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Berprestasi

ujian tulis snmptn©2012 Merdeka.com/imam buhori

Prof Nasih menegaskan, para pelajar yang diterima di Unair melalui jalur SNMPTN dipastikan murni karena berprestasi.

Ia juga meminta para orang tua tidak percaya jika ada oknum yang menyatakan bisa memasukkan calon mahasiswa ke salah satu perguruan tinggi kebanggaan Jawa Timur itu.

"Bahkan, jika ada yang bilang seperti itu, tolong laporkan ke kami. Jika ada orang yang meminta uang, apalagi yang mengaku sebagai orang dalam, tolong segera laporkan," tegas guru besar akuntansi itu.

Pihaknya menjamin para pelajar yang diterima di Unair tidak dikenakan biaya selain yang sudah ditentukan di awal.

"Yang diterima Unair di SNMPTN murni karena prestasinya. Kami jamin mereka masuk karena prestasinya. Tidak ada biaya lain-lain selain yang tertera di uang kuliah tunggal dan sudah tertera di SK rektor," tandasnya.

(mdk/rka)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami