Lahir di Keluarga Multi Agama, 4 Seleb Ini Mengenal Toleransi Sejak Kecil

Lahir di Keluarga Multi Agama, 4 Seleb Ini Mengenal Toleransi Sejak Kecil
artis yang besar di keluarga penuh toleransi. ©2022 Merdeka.com/instagram.com
JATIM | 3 Mei 2022 13:01 Reporter : Astuti Dwi Ramadhani

Merdeka.com - Indonesia memang negara yang multikultural. Tak hanya itu, di Indonesia juga memiliki enam agama resmi yang diakui pemerintah. Oleh karena itu, penduduk Indonesia merupakan penganut enam agama tersebut dengan mayoritas Islam.

Meski masyarakat Indonesia menganut banyak agama, namun toleransi beragama di Indonesia terbilang cukup kuat. Meski berbeda agama, masyarakat tetap saling menghormati satu sama lain.

Tak hanya terjadi di masyarakat, perbedaan agama juga banyak terjadi dalam hubungan keluarga. Hal ini pun banyak dialami oleh para selebritis Tanah Air sejak masih kecil.

Namun meski di antara anggota keluarganya menganut agama yang berbeda-beda, namun toleransi telah terbentuk dengan baik sejak mereka kecil. Lahir di keluarga multi agama, sederet seleb ini telah mengenal toleransi sejak kecil.

2 dari 3 halaman

Naysila Mirdad

artis yang besar di keluarga penuh toleransi
©2022 Merdeka.com/instagram.com

Yang pertama ada Keluarga Mirdad. Selain terkenal karena kariernya di dunia hiburan, mereka juga menjadi contoh keluarga yang penuh bertoleransi satu sama lain. Seperti kita tahu, orang tua Naysila Mirdad memiliki perbedaan keyakinan.

Karena hal itu, Nay pun mengaku mempelajari kedua keyakinan tersebut. Nay dan ketiga saudara kandungnya pun diberikan kebebasan dalam memilih agama yang akan dianut. Prinsip toleransi sangat kental terasa, kala keluarga ini selalu merayakan hari besar agama masing-masing secara bersamaan.

Dian Sastro

artis yang besar di keluarga penuh toleransi
©2022 Merdeka.com/instagram.com

Dian Sastrowardoyo dan keluarga juga dikenal menjunjung tinggi sikap toleransi. Dian dibesarkan secara Katolik oleh ibunya yang taat, sementara almarhum ayahnya seorang penganut Buddha.

Sejak usia 17 tahun, aktris papan atas Indonesia ini telah melakukan perjalanan spiritual dengan mempelajari berbagai agama, seiring dengan ketertarikannya terhadap filsafat. Tak disangka, Dian Sastro menemukan jawaban dari seorang ustaz yang menjawabnya lewat Alquran serta kitab Injil Perjanjian Baru dan Perjanjian Lama. Ia pun mendapat dukungan penuh dari sang ibu saat memutuskan menjadi mualaf.

3 dari 3 halaman

Desta

artis yang besar di keluarga penuh toleransi
©2022 Merdeka.com/instagram.com

Presenter, penyiar radio, aktor dan musisi Deddy Mahendra Desta atau yang akrab dipanggil Desta senantiasa hidup rukun dengan keluarga yang kental dengan perbedaan agama dan suku. Menurutnya, keluarganya memang telah penuh toleransi sejak kecil. Mereka bahkan dapat hidup akur di tengah perbedaan agama antar anggota keluarga.

Shandy Aulia

artis yang besar di keluarga penuh toleransi
©2022 Merdeka.com/instagram.com

Shandy Aulia memilih menjadi umat Nasrani sama dengan ibunya. Namun, dirinya tetap menjalin hubungan yang akur dengan kakak-kakak dan ayahnya yang beragama Islam.

Sebelum kedua orang tuanya berpisah, saat masih kecil Shandy mengatakan bahwa ia sempat menjalani dua agama. Barulah pada usia 17 tahun, Shandy memantapkan hatinya memilih masuk Kristen. Meski begitu, mereka tetap akur dan kerap merayakan hari besar bersama.

(mdk/asr)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami