Lebaran Tetap Asyik Meskipun di Rumah Aja, Simak 3 Tips dari Dosen Unair

Lebaran Tetap Asyik Meskipun di Rumah Aja, Simak 3 Tips dari Dosen Unair
JATIM | 23 Mei 2020 09:29 Reporter : Rizka Nur Laily M

Merdeka.com - Bulan suci Ramadan memasuki hari terakhir pada Sabtu, 23 Mei 2020. Telah genap 30 hari umat muslim menjalani ibadah wajib puasa Ramadan. Termasuk melakukan amalan-amalan sunnah seperti salat tarawih dan tadarus Alquran.

Bulan Ramadan kali ini dilaksanakan dalam suasana berbeda. Di tengah pandemi COVID-19, banyak kebiasaan di bulan Ramadan yang tidak bisa dilakukan. Demikian halnya dengan perayaan Idul Fitri 1441 hijriah yang akan berlangsung.

Kendatipun harus merayakan lebaran di rumah saja, umat muslim tetap bisa merasakan keseruan hari kemenangan. Berikut tips dari dosen Unair supaya lebaran tetap asyik meskipun di rumah aja.

1 dari 3 halaman

Tidak Perlu ke Pusat Perbelanjaan

ilustrasi mall

©Shutterstock.com/Rostislav Glinsky

Dihimpun dari berbagai sumber, menjelang lebaran banyak pusat perbelanjaan yang dipadati pengunjung. Padahal di sejumlah daerah sedang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pembatasan aktivitas masyarakat termasuk salah satu yang diatur dalam pelaksanaannya.

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, Djazuly Chalidyanto prihatin melihat warga yang ramai di pusat perbelanjaan dan pasar di tengah pandemi. Mengingat salah satu tempat penularan COVID-19 adalah kerumunan. Dalam beberapa foto dan video yang tersebar di jagat maya, pengunjung pusat perbelanjaan mengabaikan pentingnya jaga jarak fisik.

"Salah satu tempat penularan adalah orang banyak. Ketika ada sale bagaimana bisa menghasilkan jaga jarak. Tidak ada yang bisa kendalikan perilaku karena warga ada juga yang belum terapkan protokol kesehatan.” ujar Djazuly, dikutip dari liputan6.com.

2 dari 3 halaman

Sambut Lebaran dengan Cara Beda

Djazuly mengajak masyarakat disiplin menerapkan protokol dalam perayaan Lebaran. “Disambut berbeda agar tidak timbulkan kesengsaraan sesudah Lebaran,” ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama, Djazuly menyampaikan tips lebaran sehat di era pandemi COVID-19. Antara lain tidak perlu mudik, tidak perlu ke pusat perbelanjaan, tidak perlu berkerumun, tidak perlu takbir keliling, takbir di rumah saja bersama keluarga.

Selain itu, Salat Idul Fitri di rumah saja bersama keluarga, tidak perlu berkunjung atau silaturahmi ke rumah keluarga, saudara, dan kerabat. Ia menyarankan supaya masyarakat mengganti silaturahmi fisik dengan silaturahmi daring.

3 dari 3 halaman

Perbanyak Makan Sayur dan Buah

cara membuat salad buah dan sayur

©2020 Merdeka.com

Masyarakat juga dianjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis dan bersoda. Berhenti merokok serta tidak minum minuman beralkohol.

Sebaliknya, ia menyarankan masyarakat memperbanyak konsumsi sayur dan buah guna memenuhi gizi yang dibutuhkan tubuh. Jika terpaksa keluar rumah karena ada urusan sangat mendesak, pastikan tetap memakai masker. Serta menerapkan jaga jarak fisik.

Masyarakat juga diimbau untuk saling membantu dan berbagi dengan orang di sekitarnya yang membutuhkan.

(mdk/rka)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami