7 Manfaat Kacang Kenari untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi dan Antioksidan

7 Manfaat Kacang Kenari untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi dan Antioksidan
JATIM | 16 Juni 2020 21:21 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Kenari adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang tergolong dalam makanan bergizi dan kaya nutrisi. Kacang kenari mengandung lemak, serat, vitamin, dan mineral yang sehat. Ini hanyalah awal dari segala manfaat kacang kenari bagi kesehatan Anda.

Faktanya, ada begitu banyak minat masyarakat pada jenis kacang yang satu ini sehingga selama 50 tahun terakhir, para ilmuwan dan pakar industri telah berkumpul setiap tahun di University of California untuk melakukan konferensi kenari yang membahas penelitian mengenai kandungan kesehatan kacang kenari yang terbaru.

Jenis kacang kenari yang paling umum adalah kenari Inggris, yang juga merupakan jenis yang paling banyak dipelajari. Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan kacang kenari yang baik bagi kesehatan tubuh.

1 dari 7 halaman

1. Kaya Antioksidan

Manfaat kacang kenari yang pertama terdapat pada kandungan antioksidannya. Kacang kenari memiliki aktivitas antioksidan yang lebih tinggi daripada kacang biasa lainnya. Aktivitas ini berasal dari vitamin E, melatonin dan senyawa tanaman yang disebut polifenol, yang sangat tinggi dalam kulit kenari.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan kacang kenari dapat mencegah kerusakan oksidatif kolesterol LDL "buruk" setelah makan, sedangkan makanan olahan lemak tidak, menurut penelitian oleh Department of Nutrition, Loma Linda University USA. Hal ini menguntungkan karena LDL teroksidasi cenderung menumpuk di arteri, menyebabkan aterosklerosis.

2 dari 7 halaman

2. Kaya Lemak Omega 3

ilustrasi kacang kenari

Shutterstock/Volosina

Manfaat kacang kenari yang kedua terdapat dalam kandungan omega 3nya yang berlimpah. Kacang kenari secara signifikan lebih tinggi dalam lemak omega-3 daripada kacang lainnya, menyediakan 2,5 gram per 1 ons (28 gram) porsi.

Lemak omega-3 dari tanaman, termasuk kacang walnut, disebut asam alfa-linolenat (ALA). Ini adalah lemak esensial, artinya Anda harus mendapatkannya dari makanan. Menurut Institute of Medicine, asupan ALA yang cukup adalah 1,6 dan 1,1. gram per hari untuk pria dan wanita masing-masing. Satu porsi kenari memenuhi pedoman itu.

3 dari 7 halaman

3. Mengobati Peradangan

Manfaat kacang kenari yang ketiga yaitu dapat membantu mengurangi peradangan. Peradangan adalah akar dari banyak penyakit, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, penyakit Alzheimer dan kanker, dan dapat disebabkan oleh stres oksidatif.

Polifenol dalam kacang kenari dapat membantu melawan stres dan peradangan oksidatif ini. Subkelompok polifenol yang disebut ellagitannin. Bakteri bermanfaat dalam usus Anda mengubah ellagitannin menjadi senyawa yang disebut urolithin, yang telah ditemukan untuk melindungi terhadap peradangan. ALA omega-3 lemak, magnesium, dan asam amino arginin dalam kacang kenari juga dapat mengurangi peradangan.

4 dari 7 halaman

4. Jaga Kesehatan Usus

ilustrasi usus besar

©Shutterstock.com/Ljupco Smokovski

Manfaat kacang kenari yang keempat yaitu ikut dalam menjaga kesehatan usus Anda. Jika usus Anda kaya akan bakteri pemacu kesehatan dan mikroba lain (mikrobiota usus), Anda lebih mungkin memiliki usus yang sehat dengan kesehatan keseluruhan tubuh yang baik.

Komposisi mikrobiota yang tidak sehat dapat berkontribusi terhadap peradangan dan penyakit di usus dan di tempat lain di tubuh, meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, dan kanker.

pa yang Anda makan dapat secara signifikan mempengaruhi susunan mikrobiota. Mengonsumsi kacang kenari bisa menjadi salah satu cara untuk mendukung kesehatan mikrobiota dan usus.

5 dari 7 halaman

5. Mengontrol Berat Badan

Manfaat kacang kenari yang kelima adalah untuk membantu mengontrol berat badan. Kacang kenari padat kalori, penelitian menunjukkan bahwa energi yang diserap dari kacang kenari adalah 21% lebih rendah dari yang diharapkan berdasarkan nutrisi mereka. Terlebih lagi, makan kacang kenari dapat membantu mengendalikan nafsu makan Anda.

Dalam sebuah penelitian yang terkontrol dengan baik pada 10 orang gemuk, minum smoothie yang dibuat dengan sekitar 1,75 ons (48 gram) kenari sekali sehari selama lima hari mengurangi nafsu makan dan kelaparan, dibandingkan dengan minuman plasebo dengan kalori dan nutrisi yang sama.

Selain itu, setelah lima hari mengonsumsi smoothie kenari, pemindaian otak menunjukkan bahwa partisipan telah meningkatkan aktivasi di wilayah otak yang membantu mereka melawan isyarat makanan yang sangat menggoda, seperti kue dan kentang goreng.

Meskipun studi yang lebih besar dan jangka panjang diperlukan, hal ini memberikan beberapa petunjuk awal tentang bagaimana kacang kenari dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan mengontrol berat badan.

6 dari 7 halaman

6. Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2

011 siti rutmawati

©www.huffingtonpost.com

Manfaat kacang kenari yang keenam adalah untuk membantu menurunkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Salah satu alasan kenari terkait dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah adalah karena kenari membantu mengendalikan berat badan. Kelebihan berat badan meningkatkan risiko gula darah tinggi dan diabetes.

Namun, makan kenari dapat membantu mengontrol gula darah dengan mekanisme di luar pengaruhnya terhadap kontrol berat badan. Dalam sebuah studi terkontrol oleh ardiovascular Research Center, Shiraz University of Medical Sciences Iran pada 100 orang dengan diabetes tipe 2, mengonsumsi 1 sendok makan minyak kenari dingin per hari selama 3 bulan, sambil melanjutkan pengobatan diabetes dan diet seimbang mereka, menghasilkan penurunan 8% gula darah puasa.

7 dari 7 halaman

7. Dukung Proses Penuaan yang Sehat

Manfaat kacang kenari yang ketujuh adalah untuk membantu mendukung proses penuaan tubuh secara lebih sehat.  Seiring bertambahnya usia, fungsi fisik yang baik sangat penting untuk menjaga mobilitas dan kemandirian Anda. Satu hal yang dapat membantu menjaga kemampuan fisik Anda adalah kebiasaan makan yang sehat.

Dalam sebuah penelitian observasional oleh Channing Division of Network Medicine and Departments of Epidemiology and Nutrition selama 18 tahun pada lebih dari 50.000 wanita yang lebih tua, para ilmuwan menemukan bahwa mereka yang diet paling sehat memiliki risiko 13% lebih rendah mengalami gangguan fisik. Kacang kenari adalah salah satu makanan yang memberikan kontribusi terkuat untuk diet sehat.

Meskipun tinggi kalori, kacang kenari dikemas dengan vitamin, mineral, serat, lemak, dan senyawa nabati penting yang dapat membantu mendukung fungsi fisik yang baik seiring bertambahnya usia.

(mdk/edl)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami