9 Manfaat Konsumsi Multivitamin untuk Kesehatan, Kurangi Risiko Kanker

9 Manfaat Konsumsi Multivitamin untuk Kesehatan, Kurangi Risiko Kanker
Ilustrasi multivitamin. ©2012 Merdeka.com
JATIM | 22 Juni 2022 17:53 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Menarik untuk mengetahui apa saja manfaat konsumsi multivitamin bagi kondisi tubuh secara keseluruhan. Konsep mengonsumsi suplemen multivitamin bukanlah hal yang baru dalam dunia kesehatan secara umum.

Tubuh Anda membutuhkan vitamin dan nutrisi untuk berfungsi dengan baik. Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang seimbang. Sayangnya, tidak semua orang bisa makan makanan yang tepat setiap harinya. Di sinilah peran multivitamin diperlukan.

Multivitamin adalah kombinasi dari berbagai vitamin yang biasanya ditemukan di sumber makanan. Mereka digunakan untuk menyediakan vitamin yang tidak Anda dapatkan secara penuh melalui makanan harian.

Sederhananya, multivitamin membantu menjembatani beberapa kesenjangan nutrisi sehingga Anda dapat memenuhi jumlah nutrisi yang disarankan.

Mengonsumsi suplemen multivitamin dapat mengimbangi kebiasaan makan yang buruk dan bahkan mengurangi risiko penyakit kronis. Melansir dari Healthline dan Web MD, berikut beberapa manfaat konsumsi multivitamin paling utama yang menarik untuk Anda ketahui.

2 dari 4 halaman

1. Tingkatkan Energi

Manfaat konsumsi multivitamin yang pertama untuk membantu meningkatkan energi. Ketika tubuh tidak memenuhi kriteria nutrisi, Anda mungkin merasa lemah dan lesu. Mengonsumsi kapsul multivitamin secara reguler sesuai saran dokter dapat membantu Anda mendapatkan kembali energi yang hilang. Mengonsumsi multivitamin dan menjaga gaya hidup sehat juga dapat membuat Anda tetap energik dan bugar.

2. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat konsumsi multivitamin yang kedua untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kapsul multivitamin mengandung vitamin C, vitamin E, dan vitamin D untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dan vitamin E adalah antioksidan yang membantu mengurangi gejala alergi.

3. Jaga Kesehatan Jantung

Manfaat konsumsi multivitamin yang ketiga untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Jantung adalah organ vital tubuh dan menjaganya agar tetap sehat merupakan hal yang sangat perlu dilakukan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi multivitamin berkualitas tinggi dapat mengurangi penyakit kardiovaskular. Vitamin B1, B2, B6, K1, Niasin, dan magnesium semuanya berperan dalam kesehatan jantung.

3 dari 4 halaman

4. Tingkatkan Kesehatan Mata

Manfaat konsumsi multivitamin yang keempat untuk membantu meningkatkan kesehatan mata. Vitamin A dikenal sebagai vitamin untuk mata karena manfaatnya. Vitamin A membantu meningkatkan penglihatan dan mengurangi degenerasi makula terkait usia yang dapat menyebabkan kerusakan mata permanen. Satu studi menunjukkan vitamin, mineral, dan antioksidan dapat memperlambat perkembangan degenerasi makula.

5. Jaga Kekuatan Otot

Manfaat konsumsi multivitamin yang kelima untuk membantu menjaga kekuatan otot. Radikal bebas dalam tubuh berbahaya karena mereka bertanggung jawab atas masalah terkait penuaan otot. Radikal bebas ini dapat dihancurkan oleh antioksidan yang terdapat dalam kapsul multivitamin. Mengonsumsi multivitamin dapat membantu menjaga radikal bebas yang merusak ini tetap terkendali.

6. Kurangi Risiko Kanker

Manfaat konsumsi multivitamin yang keenam untuk membantu mengurangi risiko kanker. Banyak hasil yang menunjukkan bahwa mengonsumsi multivitamin setiap hari dapat mengurangi risiko terkena semua jenis kanker. Anda dapat mengonsumsi multivitamin yang sesuai,setelah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

4 dari 4 halaman

7. Tingkatkan Fungsi Otak

Manfaat konsumsi multivitamin yang ketujuh untuk membantu meningkatkan fungsi otak.  Beberapa vitamin dan asam lemak dapat memperlambat atau mencegah hilangnya ingatan. Vitamin seperti vitamin B12, suplemen herbal seperti Ginkgo Biloba, dan asam lemak omega-3 dikenal mampu membantu memulihkan fungsi otak.

8. Kurangi Stres & Depresi

Manfaat konsumsi multivitamin yang selanjutnya untuk membantu mengurangi stres. Vitamin dan mineral dalam kapsul multivitamin Anda dapat secara signifikan mengurangi gejala stres dan depresi. Vitamin B merangsang sistem saraf untuk menghasilkan hormon stres untuk mengurangi stres. Memperoleh cukup vitamin dan mineral meningkatkan fungsi otak yang bertanggung jawab atas suasana hati Anda.

9. Bermanfaat untuk Kulit

Manfaat konsumsi multivitamin yang terakhir untuk kesehatan kulit. Vitamin dan mineral selalu yang terbaik untuk menjaga kesehatan kulit. Mereka membantu menjaga kulit tetap sehat dan berkilau dengan menyediakan vitamin esensial seperti vitamin E dan vitamin C. Mereka membantu mempertahankan minyak alami di dalam kulit Anda untuk mencegah kekeringan pada kulit. Antioksidan yang ada di dalamnya juga memainkan peran penting.

(mdk/edl)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini