Manfaat Madu Klanceng untuk Kesehatan Tubuh, Bantu Cegah Katarak

Manfaat Madu Klanceng untuk Kesehatan Tubuh, Bantu Cegah Katarak
Ilustrasi madu. ©2018 Merdeka.com/Pixabay
JATIM | 12 Januari 2022 15:05 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Manfaat madu klanceng bagi kesehatan tubuh sangat menarik untuk diketahui. Pasalnya, manfaat madu klanceng diketahui mampu membantu mengobati banyak penyakit. Madu klanceng, yang juga disebut madu trigona dan madu kelulut adalah jenis madu yang dihasilkan oleh spesies lebah kecil ramping dan hitam yang disebut lebah Trigona Spp.

Lebah trigona sendiri adalah lebah liar. Koloninya tidak membuat madu dengan cara tradisional dalam sisir madu heksagonal, melainkan dengan cara menyimpan madunya dalam struktur hitam dan coklat kecil yang tidak beraturan, tercakup dalam propolis. Madu klanceng juga memiliki cita rasa yang unik, beda dengan madu jenis lain.

Madu klanceng memiliki warna yang gelap, dengan rasa perpaduan antara manis, asam, dan pahit. Madu klanceng diketahui memiliki kisaran nutrisi dan nilai gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan lebah madu biasanya.

Madu ini mengandung senyawa protacatechuic acid (PCA), 4-hydroxyphenylacetic acid, dan cerumen. Manfaat madu klanceng berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan proliferasi sel dalam proses penyembuhan luka.

Berikut selengkapnya mengenai manfaat madu klanceng bagi kesehatan tubuh yang menarik untuk Anda ketahui, dilansir dari liputan6.com.

2 dari 3 halaman

1. Tinggi Antioksidan

Manfaat madu klanceng yang pertama terdapat pada kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan berfungsi sebagai zat penangkal terhadap risiko terkena berbagai macam penyakit.

Dan diketahui bahwa madu klanceng memiliki senyawa antioksidan bernama protacatechuic acid (PCA), 4-hydroxyphenylacetic acid, dan serumen. PCA yang semuanya merupakan antioksidan kuat untuk mempercepat penyembuhan luka.

2. Mampu Atasi Radang

Manfaat madu klanceng yang kedua adalah untuk membantu mengatasi radang. Madu klanceng diketahui terbukti menunjukkan aktivitas antioksidan yang khas dan memiliki  kemampuan yang luar biasa untuk mengatasi peradangan.

Semua ini didukung oleh kandungan polifenol serta mekanisme potensinya dalam mengobati berbagai penyakit. Ditambah, kandungan berbagai senyawa fenolik seperti asam galat, asam caffeic, katekin, dan apigenin dalam madu klanceng juga sangat membantu.

3. Atasi Gangguan Kesuburan

Manfaat madu klanceng yang ketiga adalah untuk membantu mengatasi gangguan kesuburan. Penggunaan tradisional dan aplikasi klinis dari madu klanceng memiliki sifat antimikroba, antioksidan, anti-inflamasi, antihiperlipidemik, dan kardioprotektif.

Selain itu, madu ini juga menunjukkan kemampuan untuk membantu mengobati gangguan mata, penyakit saluran pencernaan, gangguan neurologis, dan gangguan kesuburan.

4. Bersifat Anti Bakteri

Manfaat madu klanceng yang ke empat terkandung dalam sifat anti bakterinya. Manfaat ini datang dari kandungan hidrogen peroksida, flavonoid, senyawa fenolik, dan peptida antibakterialnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi madu klanceng dapat menyembuhkan infeksi akibat bakteri E. coli, B. subtilis, P. syringae, M. luteus, B. megaterium, dan B. brevis.

Hidrogen peroksida juga merangsang produksi sitokin yang merupakan respon tubuh untuk membunuh bakteri jahat. Hidrogen peroksida dapat menarik leukosit ke daerah luka serta dapat menstimulasi limfosit B, limfosit T, dan neutrofil untuk melawan bakteri.

5. Lancarkan Menstruasi

Manfaat madu klanceng yang kelima adalah untuk membantu melancarkan menstruasi dan meredakan gangguannya pada wanita. Gangguan menstruasi umum dirasakan saat wanita hendak memasuki masa menstruasinya. Biasanya, gangguan menstruasi ini dibarengi dengan keluarnya darah yang kurang lancar.

Jika Anda mengalami masalah ini, mengonsumsi madu klanceng dapat membantu meredakannya. Caranya, campurkan madu klanceng dengan air kunyit dan konsumsi ramuan alami ini secara rutin setiap bulan agar menstruasi menjadi lancar dan bebas gangguan.

3 dari 3 halaman

6. Kurangi Morning Sickness

Morning sickness, atau mual pada pagi hari yang umum dialami oleh ibu hamil bisa diatasi dengan mengonsumsi madu klanceng. Iini adalah manfaat madu klanceng lain yang sangat membantu.

Madu klanceng memiliki rasa yang sedikit masam dan cenderung pahit, sehingga dapat mengurangi rasa mual pada ibu hamil. Selain itu, kandungan vitamin C pada madu klanceng juga dapat menjaga daya tahan tubuh ibu hamil.

7. Atasi Keputihan

Manfaat madu klanceng yang ke tujuh adalah untuk membantu mengatasi keputihan. Hal ini berkat kandungan antimikroba yang ada di dalam madu klanceng.

Keputihan merupakan suatu hal yang normal menimpa wanita, tetapi masalah kesehatan ini juga bisa menjadi indikasi suatu infeksi yang berhubungan dengan sistem reproduksi wanita.

Untuk itu, ada baiknya Anda melakukan langkah pencegahan dan pengobatan. Salah satunya dengan mengonsumsi madu klanceng.

8. Atasi Diabetes

Manfaat madu klanceng yang ke delapan adalah untuk membantu mengatasi penyakit diabetes. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa madu klanceng dapat menurunkan kadar glukosa di dalam darah.

Hal ini karena madu klanceng memiliki kandungan senyawa bioaktif polifenol yang sudah sejak lama dan secara tradisional digunakan untuk mengobati diabetes.

9. Bantu Sembuhkan Luka

Manfaat madu klanceng yang selanjutnya adalah untuk membantu menyembuhkan luka. Madu klanceng dipercaya memiliki sifat antiseptik yang baik untuk penyembuhan luka.

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa madu klanceng dapat digunakan sebagai salep untuk luka bekas operasi atau luka lainnya.

10. Cegah Katarak

Manfaat madu klanceng yang terakhir adalah untuk membantu mencegah penyakit katarak. Kandungan senyawa polifenol yang terdiri dari flavonoid, asam fenolik, karotenoid, dan vitamin memiliki sifat anti katarak dan sangat bermanfaat untuk kesehatan mata.

Konsumsilah madu klanceng secara rutin untuk membantu diri Anda terhindar dari penyakit katarak.

(mdk/edl)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami