Manfaat Madu untuk Wajah Berjerawat, Jadi Eksfoliator dan Perbaiki Kulit

Manfaat Madu untuk Wajah Berjerawat, Jadi Eksfoliator dan Perbaiki Kulit
Ilustrasi madu. © Boldsky
JATIM | 3 Desember 2021 17:20 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Tak hanya lezat dan baik untuk kesehatan tubuh, ternyata banyak juga manfaat madu untuk wajah berjerawat. Proses unik yang menghasilkan madu membuatnya sangat berharga dalam penggunaan bahan dasar produk kecantikan, seperti untuk membersihkan jerawat, menyembuhkan bekas luka, dan meratakan warna kulit.

Tak heran jika banyak sekali produk perawatan kecantikan yang mengadopsi madu sebagai kandungan utamanya. Madu telah lama diketahui mampu membantu menyeimbangkan bakteri pada kulit, menjadikannya produk yang bagus digunakan untuk jerawat.

Madu juga merupakan eksfoliator alami, yang dapat membantu menghilangkan kulit kering dan kusam dan mengungkapkan sel-sel kulit baru di bawahnya. Cara mendapatkan manfaat madu untuk wajah berjerawat bisa digunakan sebagai masker, atau dioleskan di bagian yang berjerawat.

Berikut adalah beberapa manfaat madu untuk wajah berjerawat yang menarik untuk Anda ketahui, dilansir dari Healthline.com.

2 dari 3 halaman

Manfaat Madu untuk Wajah Berjerawat

Madu dikemas dengan komponen yang bermanfaat untuk kulit, terutama jika kulit Anda memiliki jerawat atau kondisi autoimun seperti eksim atau psoriasis. Pertumbuhan berlebih Candida dapat dikontrol dengan mengoleskan produk berbahan dasar madu pada kulit.

Manfaat madu untuk wajah berjerawat juga mempercepat proses penyembuhan sel-sel kulit dan membantu mengurangi kemerahan di kulit akibat jerawat. Manfaat madu untuk wajah berjerawat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat atau jerawat itu sendiri karena sifat antiseptik dan antioksidan. 

Tak hanya itu, manfaat madu untuk wajah yang berjerawat juga mampu memperbaiki kulit yang rusak. Satu studi di Journal of Antibacterial Chemotherapy menunjukkan bahwa madu dalam konsentrasi antara 2,5% dan 5% efektif melawan stafilokokus, bakteri yang sangat berbahaya.

Madu Manuka

Salah satu madu yang baik untuk wajah berjerawat ialah Madu Manuka. Madu Manuka secara khusus bahkan telah dipelajari sebagai produk anti-jerawat dan terbukti secara signifikan lebih efektif daripada bahan-bahan lainnya.

Madu Manuka sangat efektif dalam menyembuhkan luka dengan cepat sehingga sering digunakan oleh dokter dalam pengaturan klinis.

3 dari 3 halaman

Cara Kerja Madu untuk Atasi Jerawat

Setiap jenis madu mentah mengandung sifat antibakteri, berkat produksi enzimatik hidrogen peroksida. Madu mentah adalah madu yang diberi label sebagai madu alami, madu yang tidak dipanaskan, dan madu yang belum diproses. Madu yang tidak mentah kehilangan sifat antibakterinya selama fase pemrosesan.

Madu Manuka adalah yang terbaik untuk membantu penyembuhan jerawat. Terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa jenis madu ini memiliki efek antibakteri yang lebih besar. Diperkirakan bahwa madu Manuka masih mampu menghasilkan sifat-sifat ini bahkan ketika aktivitas hidrogen peroksida telah diblokir.

Efek antibakteri utama madu berhubungan dengan kandungan asam glukuronatnya yang tinggi, yang diubah menjadi glukosa oksidase. Pada kulit, oksidase ini segera diubah menjadi hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida sendiri berfungsi sama dengan perawatan jerawat lainnya, seperti benzoil peroksida.

Sementara sifat menenangkan dari madu untuk kulit berasal dari kombinasi peptida, antioksidan, vitamin B, asam lemak, dan asam amino. Saat dioleskan ke wajah, komponen ini bisa memberikan efek menenangkan dan membantu mengurangi kemerahan. Untuk itu, mulailah mencoba produk perawatan wajah berbahan dasar madu untuk membantu menyembuhkan jerawat dan kemerahan pada kulit wajah Anda.

(mdk/edl)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami