Manfaat Masker Oatmeal dan Madu untuk Kesehatan Kulit, Miliki Efek Mencerahkan

Manfaat Masker Oatmeal dan Madu untuk Kesehatan Kulit, Miliki Efek Mencerahkan
Ilustrasi perawatan wajah. ©shutterstock.com/Alexander Lysenko
JATIM | 19 Agustus 2021 15:27 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Masker wajah DIY organik alami sedang digandrungi oleh banyak orang belakangan ini, terutama kaum wanita. Salah satu masker wajah alami yang ada berasal dari campuran oatmeal dan madu. Masker wajah oatmeal dan madu ini adalah salah satu masker wajah DIY terbaik yang bisa Anda gunakan.

Banyak manfaat masker oatmeal dan madu yang bisa Anda dapatkan. Pertama-tama, masker oatmeal dan madu cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit yang sangat sensitif. Campuran dua bahan ini memberikan banyak kelembapan, nutrisi, dan perlindungan pada kulit, membersihkan kulit dengan lembut dan membuatnya tampak awet muda dan bercahaya.

Baik madu dan oatmeal sangat cocok untuk mengobati berbagai masalah kulit. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya mengenai manfaat masker oatmeal dan madu bagi kesehatan kulit yang menarik untuk Anda ketahui. Pelajari lebih lanjut sebelum menggunakannya!

2 dari 4 halaman

Manfaat Masker Oatmeal dan Madu

Berikut ini adalah beberapa manfaat masker oatmeal dan madu dari masing-masing bahannya yang perlu diketahui, dilansir dari medicalnewstoday.com;

1. Manfaat Oatmeal untuk Kulit

Bubuk oatmeal adalah pilihan yang sempurna untuk digunakan sebagai masker wajah DIY. Oatmeal sangat bergizi dan mampu membantu menenangkan kulit. Efek anti-inflamasinya yang terkenal dapat membantu menghilangkan jerawat, dan juga dapat menenangkan beberapa kondisi kulit yang serius seperti eksim, ruam atau dermatitis.

Oatmeal cocok untuk semua jenis kulit. Oatmeal dapat meningkatkan penghalang kulit, mencegah hilangnya kelembapan, membersihkan kulit dengan lembut dan melindunginya dari radikal bebas. Terutama jika Anda memiliki kulit sensitif yang rentan terhadap iritasi dan tidak ingin membuatnya lebih parah dengan aroma dan warna buatan, oatmeal adalah pilihan tepat untuk digunakan sebagai masker wajah.

3 dari 4 halaman

2. Manfaat Madu untuk Kulit

Madu adalah bahan perawatan kulit luar biasa lainnya yang cocok untuk semua jenis dan kondisi kulit. Faktanya, madu adalah bahan yang paling sering digunakan dalam masker wajah DIY karena mampu memberi banyak manfaat positif bagi kulit.

Madu melembapkan kulit dan membuatnya terhidrasi dengan baik tanpa membuatnya berminyak. Sifat penyembuhannya dapat membantu mengobati iritasi kulit, jerawat, dan bekas jerawat. Madu juga merupakan produk anti-penuaan yang luar biasa yang mencegah kerutan dan garis-garis halus.

Madu dapat membantu membersihkan kulit Anda, menghilangkan pori-pori yang membesar, bintik hitam dan ketidaksempurnaan kulit lainnya, meratakan warna kulit dan menghasilkan tampilan kulit yang plumpy, kenyal, halus, awet muda dan bercahaya.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Masker Oatmeal dan Madu

Penggunaan rutin masker oatmeal dan madu diketahui dapat membantu mengatasi kekeringan pada kulit. Masker dari campuran dua bahan ini juga dapat menjaga kulit agar tetap kenyal dan lembap.

Madu merupakan exfoliator alami yang berarti jika Anda mengaplikasikannya ke wajah, maka madu akan membantu menghilangkan kulit kering, kusam dan membentuk sel-sel kulit baru di bawahnya. Madu mampu membuat kulit Anda tampak lebih cerah.

Cara membuat masker oatmeal dan madu juga mudah saja. Cukup tambahkan 1 sendok makan madu dan 2 sendok makan oatmeal dan aduk hingga rata. Tambahkan susu hingga membentuk pasta dengan konsistensi yang diinginkan.

Oleskan masker wajah oatmeal dan madu ini pada kulit dan biarkan mengering secara alami di wajah selama sekitar 15 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan.

(mdk/edl)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami