Mengenal Apa Itu Omnibus Law Beserta Konsep dan Sejarah Perkembangannya

Mengenal Apa Itu Omnibus Law Beserta Konsep dan Sejarah Perkembangannya
JATIM | 8 Oktober 2020 17:35 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo dalam pidato pelantikannya di Sidang Paripurna MPR RI pada 20 Oktober 2019 menyampaikan 5 (lima) hal yang akan dikerjakan selama lima tahun ke depan. Salah satunya adalah menyederhanakan segala bentuk kendala regulasi.

Mengutip Hantoro dalam Parliamentary Review, Vol. II No. 1 (2020), Presiden menyebutkan“… Pemerintah akan mengajak DPR untuk menerbitkan dua undang-undang besar. Pertama, UU Cipta Lapangan Kerja. Kedua, UU Pemberdayaan UMKM.

Masing-masing UU tersebut akan menjadi Omnibus Law, yaitu satu UU yang sekaligus merevisi beberapa UU, bahkan puluhan UU. Puluhan UU yang menghambat penciptaan lapangan kerja langsung direvisi sekaligus. Puluhan UU yang menghambat pengembangan UMKM juga akan langsung direvisi.” (Kementerian Luar Negeri, 2019:7).

Program Presiden lantas ditindaklanjuti dalam penyusunan Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2020-2024. Pada Sidang Paripurna DPR RI 17 Desember 2019, DPR RI menetapkan 248 (dua ratus empat puluh delapan) Rancangan Undang-Undang (RUU) yang menjadi prioritas.

Dari daftar tersebut, terdapat 3 (tiga) RUU yang disebut sebagai Omnibus Law, yaitu RUU tentang Cipta Lapangan Kerja, RUU tentang Ketentuan dan Fasilitas Perpajakan untuk Penguatan Perekonomian, dan RUU tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan. (DPR RI, 2019).

Sejak itu, Omnibus Law menjadi istilah baru yang sering digunakan. Tetapi, belum ada kesamaan persepsi dan gambaran yang jelas mengenai apa yang dimaksud dengan Omnibus Law. Untuk itu, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai apa itu Omnibus Law beserta konsep dan sejarah perkembangannya.

Baca Selanjutnya: Pengertian Omnibus Law...

Halaman

(mdk/edl)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami