Mengenal Arti Syahadat dan Kedudukannya, Umat Islam Wajib Tahu

Mengenal Arti Syahadat dan Kedudukannya, Umat Islam Wajib Tahu
ilustrasi sholat. ©2020 Merdeka.com
JATIM | 22 Oktober 2020 11:30 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Persaksian dalam agama Islam dikenal dengan syahadat, yang merupakan rukun pertama dari kelima rukun Islam, yaitu dua kalimat syahadat untuk sahnya Islam. Seseorang harus mengucapkannya secara urut dan disertai dengan memahami maknanya untuk dapat memeluk agama Islam secara utuh.

Dua kalimat syahadat adalah kunci untuk masuk ke dalam alam keselamatan (Islam) dan dengan kalimat itu pula manusia dimasukkan ke dalam surga. Jika kalimat ini menjadi kalimat ucapan terakhir dalam hidup duniawi, maka dia pasti masuk surga.

Itulah sebabnya orang yang akan masuk Islam dituntut mengucapkan dua kalimat syahadat. Namun, tidak dituntut untuk mengakui shalat, puasa, zakat dan haji, maupun melaksanakan syari’at Allah. Sebab, semua ini merupakan ajaran agama yang mesti diketahuinya. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai arti syahadat dalam Islam yang wajib diketahui.

Baca Selanjutnya: Pengertian Syahadat...

Halaman

(mdk/edl)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami