Mengenal Durian Kembang Khas Lumajang, Ada Bunga di Tengah Daging Buahnya

Mengenal Durian Kembang Khas Lumajang, Ada Bunga di Tengah Daging Buahnya
JATIM | 22 Mei 2020 13:03 Reporter : Rizka Nur Laily M

Merdeka.com - Lumajang memiliki beberapa varian durian yang unik. Beberapa di antaranya bahkan sudah dikenal secara nasional karena karakter buah dan rasanya yang lezat.

Meskipun demikian, rupanya masih banyak pohon durian di pelosok Lumajang yang belum diidentifikasi jenisnya. Sehingga belum dikenal secara luas oleh masyarakat.

Beberapa durian Lumajang yang terkenal yakni durian Bajul yang memiliki beragam varietas dan durian Mentega yang berasal dari lereng Gunung Semeru, seperti dikutip dari visitlumajang.com. Lalu pada 2018 lalu, jagat maya tiba-tiba digemparkan dengan durian Kembang.

1 dari 3 halaman

Mengenal Durian Kembang

durian kembang lumajang

©2020 Merdeka.com/jatim.litbang.pertanian.go.id

Durian Kembang berasal dari daerah Gucialit. Keunikan durian ini yakni terdapat bunga di bagian dalam durian, tepatnya di bagian tengah daging buah.

Durian ini memiliki rasa yang legit, dengan kombinasi pahit dan manis. Serta ada sedikit aroma bunganya. Durian Kembang dari Gucialit dikenal lebih eksotik daripada jenis durian Kembang yang ditemukan di daerah-daerah lain.

Bunga di dalam buah benar-benar persis durian. Tidak seperti durian Kembang di tempat lain yang lebih mirip bunga kelapa. Sementara dari segi rasa, Durian Kembang dari Lumajang ini lebih pekat.

2 dari 3 halaman

Rasanya Seperti Mentega

ilustrasi durian

©©2012 Merdeka.com/womansday.com

Dikutip dari lumajangsatu.com, buah Durian Kembang tidak terlalu besar ukurannya. Ketika disantap ada perpaduan rasa pahit dan manis. Sensasi menyantap buah Durian Kembang seperti merasakan mentega di lidah.

Kenikmatan rasa buah Durian Kembang dianggap lebih terasa apabila kebetulan buahnya jatuh sendiri dari pohon.

3 dari 3 halaman

Varietas Unggulan Jawa Timur

durian kembang lumajang

©2020 Merdeka.com/jatim.litbang.pertanian.go.id

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan bahwasanya Durian Kembang merupakan salah satu varietas durian unggul yang tumbuh di Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Lumajang. Rasa buah durian yang khas menjadikan daya tarik tersendiri bagi para penikmat buah berjuluk King Of Fruit tersebut.

Dikutip dari infopublik.id, Durian Kembang dengan kualitas premium dihadirkan dalam acara bertajuk Serbu Durian yang dilaksanakan pada 28 Februari - 1 Maret 2020 lalu. Serbu Durian sendiri merupakan salah satu agenda Kabupaten Lumajang tahun 2020. Dalam helatan itu, sebanyak 1.000 durian dibagikan gratis kepada para pengunjung.

(mdk/rka)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami