Mengenal Jenis-Jenis Obligasi, Investor Pemula Wajib Tahu

Mengenal Jenis-Jenis Obligasi, Investor Pemula Wajib Tahu
JATIM | 9 Juli 2020 18:16 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Obligasi adalah suatu surat berharga (efek) berjangka waktu menengah dan panjang, yang merupakan bukti pengakuan utang dari penerbit dan dapat diperjual belikan. Pembeli atau lazim disebut pemodal (investor) obligasi merupakan kreditor yang memberi pinjaman sebesar nilai nominal kepada debitur atau penerbit dengan jangka waktu yang telah ditentukan.

Pihak penerbit obligasi, yang lazim disebut sebagai emiten, memberikan imbal jasa tetap kepada pembeli obligasi dalam bentuk bunga yang disebut kupon dan dibayarkan secara periodik. Instrumen obligasi merupakan bagian dari instrumen investasi berpendapatan tetap (fixed income securities).

Obligasi termasuk dalam kelompok investasi berpendapatan tetap sebab jenis pendapatan keuntungan yang diberikan kepada investor obligasi didasarkan pada tingkat suku bunga yang telah ditentukan sebelumnya menurut perhitungan tertentu.

Tingkat pendapatan tersebut bisa berbentuk tingkat suku bunga tetap (fixed rate) dan tingkat suku bunga mengambang (variable rate). Berikut ini adalah informasi selengkapnya mengenai pengertian serta jenis-jenis obligasi yang tersedia:

Baca Selanjutnya: Pengertian Obligasi...

Halaman

(mdk/edl)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami