Mengenal Ketoasidosis Diabetik yang Wajib Diwaspadai, Komplikasi Diabetes Berbahaya

Mengenal Ketoasidosis Diabetik yang Wajib Diwaspadai, Komplikasi Diabetes Berbahaya
ilustrasi diabetes. ©www.huffingtonpost.com
JATIM | 7 November 2020 20:30 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda

Merdeka.com - Ketoasidosis diabetik atau DKA merupakan sebuah kompikasi diabetes serius yang disebabkan oleh tingginya produksi asam darah tubuh yang disebabkan oleh keton. Dalam kondisi yang lebih serius, DKA ini dapat mengancam nyawa jika tak segera diobati.

Ketoasidosis diabetik terjadi saat seseorang tak memiliki cukup insulin di tubuh untuk memproses kadar gula darah yang tinggi. Kondisi ini lebih sering terjadi pada pengidap diabetes tipe-1.

Pada orang dengan diabetes, tubuh akan mengalami kekurangan insulin yang menyebabkan penumpukan gula dalam darah. Sementara pada saat yang sama, tubuh membutuhkan bahan makanan untuk bisa menghasilkan energi.

Guna memenuhi kebutuhan energi itu, sel-sel tubuh mengolah lemak menjadi energi. Keton menjadi salah satu zat bersifat asam sisa hasil pengolahan lemak. Jika kondisi ini berlanjut, keton akan menumpuk dan tubuh menjadi lebih asam atau asidosis.

Untuk mengetahui secara lebih rinci, berikut ini kami telah rangkum mengenai ketoasidosis diabetik serta gejala dan penyebabnya, yang dilansir dari Healthline.

Baca Selanjutnya: Gejala dari Ketoasidosis Diabetik...

Halaman

(mdk/raf)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami