Mengenal Laughter Yoga, Aktifitas Yang Bantu Anda Tetap Sehat dan Bahagia

Mengenal Laughter Yoga, Aktifitas Yang Bantu Anda Tetap Sehat dan Bahagia
JATIM | 23 Mei 2020 19:36 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Laughter yoga adalah sebuah program latihan yoga yang baik untuk kesehatan dan jiwa. Laughter yoga memanfaatkan aktivitas tertawa dan mengombinasikannya dengan teknik pernapasan yoga (Pranayama). Laughter yogabersifat preventif dan terapeutik, sama halnya dengan latihan aerobik dan kardio. Laughter yoga juga baik bagi penderita bronkitis dan asma.

Laughter yoga melepaskan endorfin yang merupakan pembunuh rasa sakit alami. Aktivitas ini dapat membantu mereka yang menderita artritis, spondilitis, sakit kepala migrain kronis, nyeri kronis, fibromyalgia, penyakit autoimun dan inflamasi kronis.

Jenis yoga ini baik untuk mengelola stres dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Laughter yoga meningkatkan oksigen ke tubuh dan otak, membuat Anda merasa sehat dan energik. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1 dari 8 halaman

Mengenal Apa Itu Laughter Yoga

Laughter Yoga adalah sebuah gerakan yang prakarsai oleh seorang dokter berkebangsaan India, Kataria, pada tahun 1995. Sejauh ini, menurut yogajournal.com Laughter Yoga telah mendirikan 5.000 klub yang tersebar di seluruh dunia. "Tujuan kami adalah membangun komunitas internasional orang-orang yang percaya pada cinta dan tawa," kata Dr. Kataria.

Laughter Yoga adalah latihan yang dirancang untuk membuat orang tertawa tanpa alasan. Hal itu dikombinasikan dengan teknik pernapasan yoga sederhana dan "meditasi tawa". Dr. Kataria mengatakan bahwa Laughter Yoga terbukti dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan kekebalan, melawan depresi, dan pada akhirnya membuat seseorang menjadi pemikir yang lebih positif.

Praktik modern Laughter Yoga mengajarkan beberapa latihan Pranayama (pernafasan yoga). Latihan ini mempromosikan penggunaan aktivitas pernapasan di sela-sela latihan tawa sebagai cara untuk merilekskan tubuh dan pikiran.

Yoga mengajarkan bahwa pikiran dan tubuh saling mencerminkan satu sama lain, dan bahwa pernapasan adalah penghubung antara keduanya. Ketika Anda menarik napas dengan dalam, tubuh menjadi tenang, dan seketika pikiran juga jadi ikut tenang.

Ketika tubuh dan pikiran rileks, Anda mulai menjadi lebih sadar akan pentingnya "saat ini". Kemampuan untuk sepenuhnya hidup dan mengalami apa yang terjadi pada "saat ini" adalah hal paling penting. Berada di "saat ini" membebaskan pikiran dari penyesalan masa lalu dan kecemasan akan masa depan dan memungkinkan Anda untuk lebih menikmati keadaan. Hal inilah yang coba dibangun dalam Laughter Yoga.

2 dari 8 halaman

Manfaat Laughter Yoga

Manfaat Laughter Yoga dapat diklasifikikasikan ke dalam 5 kategori seperti yang dijelaskan di bawah ini;

3 dari 8 halaman

1. Manfaat Bagi Kesehatan

Manfaat tertawa bagi kesehatan terbagi dalam 2 kategori: 1. Bagi orang yang tidak sakit dan ingin tetap sehat, dan 2. Bagi mereka yang sakit, Laughter Yoga dapat membantu proses penyembuhan lebih cepat.

Laughter Yoga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjadikan Anda tidak mudah jatuh sakit. Laughter Yoga adalah latihan kardio yang bagus. Selain meningkatkan sirkulasi darah dan melemaskan otot-otot, Laughter Yoga juga bantu menangkal depresi, mengurangi tekanan darah, mengurangi gejala alergi, asma, radang sendi dan membantu dalam penyakit kronis seperti kanker. Laughter Yoga adalah yang dilakukan secara rutin dapat mengurangi stres fisik, mental dan membawa keseimbangan emosional.

4 dari 8 halaman

2. Manfaat Bagi Kehidupan Pribadi

Percaya atau tidak, kondisi suasana hati dapat menentukan kualitas hidup seseorang. Laughter Yoga memiliki kekuatan untuk mengubah suasana hati seseorang hanya dalam beberapa menit saja. Hal ini karena praktik Laughter Yoga membantu melepaskan bahan kimia tertentu dari otak yang disebut dengan endorfin.

Jika suasana hati seseorang dalam keadaan baik, mereka akan merasa senang dan hal itu membantu memperbaiki performa sikap dalam menghadapi hari. Laughter Yoga juga dapat membantu mengembangkan rasa humor seseorang. Anda akan mendapati diri menjadi lebih banyak tertawa di kehidupan nyata. Anda akan selalu memiliki wajah yang mudah tersenyum, memiliki pandangan positif terhadap kehidupan dan sangat sedikit berpikiran negatif.

5 dari 8 halaman

3. Manfaat Bagi Kehidupan Kerja

Laughter Yoga adalah teknik yang paling ekonomis, hemat waktu dan terbukti secara ilmiah dapat mengurangi stres di tempat kerja. Penelitian telah menyatakan bahwa otak manusia membutuhkan 25% oksigen lebih banyak daripada organ tubuh lain untuk dapat berfungsi secara optimal. Laughter Yoga dapat meningkatkan pasokan oksigen bersih ini, membantu kinerja otak agar tetap optimal. Anda akan merasa bersemangat dan segar sepanjang hari. Sehingga, performa kerja menjadi lebih baik, produktif, dan tidak mudah merasa lelah.

Laughter Yoga apabila dipraktikan dalam kelompok kerja dapat membantu menciptakan tempat dan tenaga yang lebih bahagia dan termotivasi. Hal ini tentu menambah elemen yang dapat membangun tim menjadi lebih kuat.

Bagi Anda yang bekerja di bidang pemasaran dan penjualan, sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan komunikasi. Dalam pelatihan HR, Laughter Yoga adalah alat yang sangat efektif untuk meningkatkan rentang perhatian selama sesi yang panjang. Laughter Yoga juga dapat membantu Anda menjadi lebih kreatif dalam berbisnis.

6 dari 8 halaman

4. Manfaat Bagi Kehidupan Sosial

Kualitas dan kepuasan hidup tidak tergantung pada berapa banyak uang, kekuatan, posisi dan kesuksesan yang Anda miliki dalam hidup. Kualitas dan kepuasan hidup tergantung pada jumlah teman baik dan dengan siapa kita memiliki hubungan yang saling peduli dan berbagi. Tertawa adalah alat yang ampuh untuk terhubung dengan orang-orang secara lebih mudah.

Dalam kelangsungan hidup, hal mendasar yang paling dibutuhkan manusia adalah penghargaan dan pengakuan bagi perkembangan emosional diri.

Laughter Yoga menyediakan komunitas dan jejaring sosial yang kaya akan orang-orang yang peduli satu sama lain. Hal ini tentu memberikan rasa aman secara emosional dan dapat membantu melawan depresi yang sedang marak terjadi belakangan ini.

7 dari 8 halaman

5. Tertawa Dalam Menghadapi Tantangan

Di saat-saat sulit, tentu tidak mudah bagi seseorang untuk tetap tenang. Dengan menyerap esensi Laughter Yoga dan karakteristiknya, seseorang dapat belajar untuk menangani situasi apa pun secara efektif tanpa kehilangan ketenangannya. Laughter Yoga membantu dalam menjaga sikap dan mental positif. Sehingga, seseorang dapat mengatasi situasi negatif dan berurusan dengan orang-orang yang sulit dengan cara jauh lebih baik daripada orang normal kebanyakan.

8 dari 8 halaman

Mengapa Laughter Yoga Penting Untuk Dipraktikan

Tertawa untuk waktu yang lama adalah kunci untuk menuai manfaat kesehatan dari jenis yoga yang satu ini. Laughter Yoga secara rutin membantu partisipannya untuk tertawa dengan tenang selama 15 hingga 20 menit.

Hal iniberhasil meningkatkan asupan oksigen dan aliran darah, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan menurunkan tekanan darah. Laughter Yoga membantu melindungi jantung, meningkatkan energi, melarutkan stres dan memungkinkan Anda untuk tetap fokus.

(mdk/edl)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami