Mengulik Rowo Bayu Lokasi Asli Kisah KKN di Desa Penari, Erick Thohir Ingin ke Sana

Mengulik Rowo Bayu Lokasi Asli Kisah KKN di Desa Penari, Erick Thohir Ingin ke Sana
Lokasi asli KKN di Desa Penari. ©2022 Merdeka.com/Instagram @erickthohir
JATIM | 18 Mei 2022 11:42 Reporter : Rizka Nur Laily M

Merdeka.com - Kisah KKN di Desa Penari pertama kali viral di twitter pada 2019 silam melalui cuitan pemilik akun bernama @SimpleM81378523.

Cerita yang menghebohkan warganet Indonesia itu membuat rumah produksi film MD Pictures mengangkatnya menjadi film.

Setelah sempat tertunda tayang di bioskop karena pandemi, Film KKN di Desa Penari akhirnya resmi rilis di layar kaca Indonesia pada 30 April 2022.

Teka-teki Lokasi Asli

Sejak cerita tersebut viral di twitter, para warganet pun penasaran dengan lokasi asli KKN di Desa Penari yang diduga merupakan kisah nyata itu.

Banyak spekulasi yang mengatakan bahwa lokasi asli kisah KKN di Desa Penari itu berada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Spekulasi itu bermula dari penyebutan inisial Kota B dalam cuitan twitter Simple Man.

Kini, teka-teki terkait lokasi asli kisah KKN di Desa Penari sudah terjawab. Setelah Menteri BUMN Erick Thohir mengunggah sebuah IGTV di akun Instagramnya, @erickthohir pada Selasa (17/5/2022).

2 dari 4 halaman

Lokasi Asli KKN di Desa Penari

lokasi asli kkn di desa penari
©2022 Merdeka.com/Instagram @erickthohir

Dalam IGTV tersebut, Erick Thohir berbincang dengan Sudirman yang merupakan pengelola dan penjaga kawasan wisata religi Rowo Bayu di Dusun Kentangan, Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Menteri BUMN itu mencari tahu apakah KKN di Desa Penari merupakan kisah nyata atau fiksi. Menurut penuturan Sudirman, KKN di Desa Penari adalah kisah nyata yang terjadi di hutan dekat wisata Rowo Bayu. 

“KKN di Desa Penari berangkat dari tahun 2008. Ada enam mahasiswa dari Surabaya,” ungkap Sudirman. 

3 dari 4 halaman

Kisah Asli KKN di Desa Penari

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Erick Thohir (@erickthohir)

 

Menurut penuturan Sudirman, kisah horor bermula saat dua mahasiswa yang terlibat kisah asmara menjejalah kawasan utara situs Rowo Bayu. Di tengah hutan belantara, sejoli muda itu bertemu seseorang dan diajak mampir ke rumahnya. 

Di sana, dua mahasiswa dari sebuah perguruan tinggi di Kota Surabaya itu dijamu berbagai makanan. 

Saat sudah sore, keduanya berpamitan kepada empunya rumah untuk kembali ke situs wisata religi Rowo Bayu di mana keempat temannya berada. Sang empunya rumah memberikan sebuah bingkisan kepada kedua mahasiswa tersebut. 

Sesampainya di Rowo Bayu, kedua mahasiswa tersebut menceritakan pengalamannya berkunjung ke Desa Penari. Namun, keempat temannya tidak percaya begitu saja. 

“Ini saya diberi oleh-oleh, ayo dibuka. Saat dibuka bukan lagi bungkus koran tapi daun talas. Saat dibuka isinya ternyata kepala kera, baru dipotong,” tutur Sudirman. 

4 dari 4 halaman

Erick Thohir Ingin Berkunjung

Sesaat setelah membuka bingkisan dari seseorang dari Desa Penari, mahasiswa laki-laki yang pernah berkunjung ke sana langsung pingsan. 

“Beberapa hari kemudian meninggal. Lalu, yang ceweknya menyusul meninggal sebulan kemudian. Itu cerita sesungguhnya versi Kepala Desa,” imbuh Sudirman. 

Pengelola objek wisata Rowo Bayu dan Pemerintah Desa setempat kemudian membuat titik-titik lokasi terjadinya KKN di Desa Penari itu. 

Menyimak cerita Sudirman, Menteri BUMN Erick Thohir penasaran untuk melihat langsung jejak-jejak kisah KKN di Desa Penari. 

“Saya sudah ke Banyuwangi dua kali, berarti ada ketiganya untuk melihat desa wisata. Tapi ke Desa Penari siang-siang aja,” ujar Erick pada Sudirman. (mdk/rka)

Baca juga:
Pakai Ular Sungguhan, Intip Potret Clarissa Putri Tiru Dandanan Badarawuhi
Film KKN di Desa Penari Sukses Besar, Nessie Judge Diserang Netizen karena Ini
Curi Perhatian, Intip Potret 4 Pemain KKN di Desa Penari Bersama Kekasih
Jadi Ayu di Film KKN di Desa Penari, Ini 4 Potret Aghniny Haque yang Memesona
Potret 'Rumah Ibu' Lokasi Syuting Film Pengabdi Setan yang Horor Abis
Viral Foto Sekolah Mata Hati di Film Kuntilanak 3, Ini Potret Lokasi Aslinya di Jatim

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini