Penyebab Dehidrasi Akut dan Komplikasinya yang Berbahaya bagi Tubuh

Penyebab Dehidrasi Akut dan Komplikasinya yang Berbahaya bagi Tubuh
JATIM | 28 Juli 2020 13:15 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Dehidrasi adalah gangguan keseimbangan cairan atau air pada tubuh. Hal ini terjadi karena pengeluaran air lebih banyak daripada pemasukan (misalnya minum), membuat tubuh Anda tidak memiliki cukup air dan cairan lain untuk menjalankan fungsi normalnya. Gangguan kehilangan cairan tubuh ini disertai dengan gangguan keseimbangan elektrolit tubuh.

Dehidrasi mudah menyerang anak-anak dan wanita karena di dalam tubuhnya terdapat banyak lemak yang hanya mengandung 20% air. Pada manula juga sering terjadi dehidrasi karena kadar air dalam tubuh menurun akibat penuaan organ-organ. Selain faktor kondisi tubuh, dehidrasi umumnya lebih mudah terjadi pada orang yang memiliki banyak aktivitas seperti remaja atau atlet olahraga dengan porsi aktivitas yang besar.

Penyebab dehidrasi akut yang paling umum pada anak-anak adalah diare dan muntah yang parah. Orang dewasa yang lebih tua secara alami memiliki volume air yang lebih rendah di dalam tubuh mereka, dan mungkin memiliki kondisi yang mengharuskannya minum obat yang meningkatkan risiko dehidrasi. Ini berarti bahwa bahkan penyakit ringan, seperti infeksi yang mempengaruhi paru-paru atau kandung kemih, dapat mengakibatkan dehidrasi pada orang dewasa yang lebih tua.

Berikut penjelasan lengkap mengenai dehidrasi, terutama mengenai penyebab dehidrasi akut dan komplikasi yang menyertainya dilansir dari mayoclinic.org.

Baca Selanjutnya: Klasifikasi Dehidrasi...

Halaman

(mdk/edl)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami