Sejarah 17 Desember: Kisah di Balik Penerbangan Pesawat Pertama di Dunia

Sejarah 17 Desember: Kisah di Balik Penerbangan Pesawat Pertama di Dunia
Hoaks Pencarian BSU Guru Madrasah Non PNS Harus Bawa Sertifikat Tanah. ©Facebook Ditjen Pendis Kemenag RI
JATIM | 17 Desember 2020 05:50 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda

Merdeka.com - Tepat pada 17 Desember 1903, dua bersaudara Orville dan Wilbur Wright melakukan penerbangan udara pertama menggunakan pesawat terbang bermesin yang lebih berat daripada udara. Mereka berangkat dari lahan kosong yang berada di dekat Kitty Hawk, North Carolina, Amerika Serikat.

Penerbangan pertama dilakukan pada pukul 10.35 pagi (22.35 WIB) dalam cuaca dingin yang mendung dengan menggunakan pesawat udara berkendali. Penerbangan tersebut merupakan penerbangan pesawat yang pertama dalam sejarah.

Dua bersaudara ini telah melakukan suatu momen bersejarah dengan membuat pesawat terbang yang bisa mengudara 4 mil di dekat wilayah berbukit pasir di Kitty Hawk. Pesawat bernama Wright Flyer yang dikemudikan oleh Orville itu mengangkasa selama 12 detik. Kemudian pesawat tersebut terbang rendah setelah mencapai ketinggian 37 meter dari tanah.

Pesawat tersebut pada awalnya dinamai Wright Flyer, tetapi sekarang lebih populer dengan nama 'Kitty Hawk'. Pesawat Flyer yang asli kini terdapat di National Air and Space Museum di Washington DC.

Agar dapat mengetahui secara lebih rinci, berikut ini kami telah rangkum mengenai sejarah dari penerbangan pesawat pertama di dunia, yang dilansir dari Liputan6.

Baca Selanjutnya: Sejarah Pembuatan Pesawat Terbang Pertama...

Halaman

(mdk/raf)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami