Proses Terjadinya Gempa Bumi Berdasarkan Jenisnya, Penting untuk Diketahui

Proses Terjadinya Gempa Bumi Berdasarkan Jenisnya, Penting untuk Diketahui
JATIM | 14 Juli 2020 17:30 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda

Merdeka.com - Bencana alam merupakan sebuah fenomena alam yang terjadi di bumi yang dapat menyebabkan manusia dan makhluk hidup lainnya mengalami dampak, bahkan dapat menyebabkan kerugian. Sebenarnya, fenomena alam tersebut sudah wajar terjadi, mengingat bumi akan terus menerus aktif dan memproduksi semua bahan di dalam perut bumi secara otomatis. Kita sebagai umat manusia yang menempati bumi tentunya harus menerima konsekuensi atau risiko yang dapat terjadi.

Oleh sebab itu, banyak digalakkan kampanye untuk menjaga bumi agar tetap bersih dan sehat. Hal ini berguna untuk mengurangi kemungkinan terjadi hal yang mengerikan seperti bencana alam. Salah satunya yang sedang marak terjadi, khususnya di negara yang memang dilewati lingkaran aktif atau lempengan bumi adalah gempa bumi.

Gempa bumi merupakan sebuah getaran atau guncangan yang terjadi pada permukaan bumi dan dirasakan dengan skala yang berbeda-beda. Gempa bumi dapat menunjukkan adanya pergerakan lempengan bumi yang dapat menimbulkan efek domino pada benda di sekitarnya.

Kata gempa bumi merujuk ke daerah asal terjadinya pergerakan atau kejadian tersebut, walaupun kenyataannya bumi merupakan planet yang padat. Namun, karena selalu bergerak dengan kecepatan yang tidak bisa dirasakan manusia, gempa bumi melakukan aktivitas yang menimbulkan tekanan yang akhirnya sering terjadi pergerakan karena tidak bisa ditahan.

Kebanyakan gempa bumi disebabkan dari pelepasan energi yang sangat besar di lempengan bumi. Semakin lama biasanya akan semakin tertekan dan juga besar. Akhirnya mencapai sebuah keadaan dimana tekanan tersebut tidak bisa ditampung atau ditahan lagi.

Proses terjadinya gempa bumi sebenarnya bermacam-macam, di mana gempa bumi terjadi saat ada batuan yang ada di kerak bumi mengalami tekanan dan menyebabkan lempengan bergesekan. Lempengan tersebut bisa jadi antar samudera maupun antar benua. Ketika terjadi tumbukan, maka gempa bumi akan terjadi. Namun, proses ini merupakan gempa yang paling umum.

Untuk mengetahui secara rinci, berikut proses terjadinya gempa bumi berdasarkan jenisnya yang dilansir dari Ilmugeografi.com.

Baca Selanjutnya: 1 Gempa Bumi Tektonik...

Halaman

(mdk/raf)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami