Router Adalah Alat Pengirim Paket Data Melalui Jaringan, Begini Cara Kerjanya

Router Adalah Alat Pengirim Paket Data Melalui Jaringan, Begini Cara Kerjanya
Router W-Fi. © Cnet
JATIM | 3 Maret 2021 19:00 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Router adalah perangkat jaringan yang meneruskan paket data antar jaringan komputer. Router melakukan fungsi pengarahan lalu lintas di Internet. Data yang dikirim melalui internet, seperti halaman web atau email, berbentuk paket data.

Sebuah router terhubung ke dua atau lebih jalur data dari jaringan IP yang berbeda. Ketika sebuah paket data masuk pada salah satu jalur, router membaca informasi alamat jaringan di header paket untuk menentukan tujuan akhir.

Kemudian, menggunakan informasi dalam tabel perutean atau kebijakan peruteannya, ia mengarahkan paket ke jaringan berikutnya dalam perjalanannya. Jenis router IP yang paling dikenal adalah router rumahan dan kantor kecil yang meneruskan paket IP antara komputer rumah dan Internet.

Router yang lebih canggih, seperti router perusahaan, menghubungkan jaringan bisnis atau ISP yang besar ke router inti yang kuat yang meneruskan data dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur serat optik tulang punggung Internet. Berikut penjelasan selengkapnya.

Baca Selanjutnya: Cara Kerja Router...

Halaman

(mdk/edl)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami