Sejarah 10 Juli: Pengorbitan Telstar, Satelit Komunikasi Pertama di Dunia

Sejarah 10 Juli: Pengorbitan Telstar, Satelit Komunikasi Pertama di Dunia
. extremetech.com©2021 Merdeka.com
JATIM | 10 Juli 2021 05:50 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Diluncurkan pada 10 Juli 1962, Telstar 1 adalah satelit komunikasi aktif pertama di dunia yang dikembangkan oleh American Telephone and Telegraph Company (AT&T). AT&T menggunakan satelit untuk menguji fitur dasar komunikasi melalui ruang angkasa.

Telstar adalah salah satu satelit komunikasi paling signifikan. Segera setelah diluncurkan, Telstar mengaktifkan transmisi televisi transatlantik pertama, yang menghubungkan Amerika Serikat dan Prancis.

Misi ini sukses besar. Namun pada November 1962, elektronik Telstar menjadi terganggu melalui paparan radiasi Sabuk Van Allen, yang mengakibatkan penonaktifan satelit pada Februari 1963.

Misi tersebut lantas ditindaklanjuti oleh Telstar 2 yang diluncurkan hampir setahun setelah peluncuran Telstar 1. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya mengenai Telstar, satelit komunikasi pertama di dunia yang diorbitkan hari ini, 10 Juli, 59 tahun yang lalu.

Baca Selanjutnya: Peluncuran Telstar pada 10 Juli...

Halaman

(mdk/edl)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami