Tak Puas di Dunia Hiburan, Dua Penyanyi Lelaki Asal Jawa Timur Ini Terjun ke Politik

Tak Puas di Dunia Hiburan, Dua Penyanyi Lelaki Asal Jawa Timur Ini Terjun ke Politik
Ahmad Dhani dan Anang Hermansyah. ©liputan6.com
JATIM | 13 Februari 2020 10:06 Reporter : Rizka Nur Laily M

Merdeka.com - Siapa tak kenal Ahmad Dhani dan Anang Hermansyah. Ketika dua nama itu disebut, rasanya hampir setiap orang yang mendengar mengetahuinya. Sama-sama lahir di Jawa Timur, dua putra daerah itu meniti karir di dunia musik sejak belia. Bahkan tidak hanya perkara musik, keduanya juga sama-sama memiliki minat pada dunia politik.

Ahmad Dhani dan Anang Hermansyah terkenal dengan karya-karyanya yang melegenda. Kehidupan pribadi keduanya juga tak pernah alpa dari sorotan media. Kebetulan perjalanan asmara dan rumah tangga keduanya punya kesamaan. Baik Dhani maupun Anang pernah bercerai dan kemudian menikah lagi.

Diketahui pasangan pertama Dhani dan Anang juga seorang penyanyi. Dhani menikah dengan Maia Estianty sejak 1996-2008. Sedangkan pernikahan Anang dan Krisdayanti dimulai sejak 1996-2009. Ahmad Dhani dan Maia Estianty memiliki proyek musik bersama di bawah naungan Republik Cinta Management. Senada, Anang Hermansyah dan Krisdayanti juga mengeluarkan album duet mereka.

2 dari 4 halaman

Karir Musik Ahmad Dhani

ahmad dhaniliputan6.com

Majalah Rolling Stone pernah menempatkan Dhani dalam The Immortals: 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa. Tak diragukan lagi, Dhani merupakan insan musik yang kompeten. Lirik-lirik ciptaannya banyak yang populer dan melegenda. Dhani ialah pencipta di balik lirik-lirik lagu Pupus, Kangen, Separuh Nafasku, dan masih banyak lagi.

Lahir di Surabaya pada 26 Mei 1972, Dhani kecil mendapat privilese untuk belajar musik. Kakek tirinya, Dadang S. Manaf yang juga seorang musisi menjadi pengaruh besar bagi minat Dhani terhadap dunia musik. Ayah Dhani mendukung dengan membelikan piano dan mengikutsertakannya dalam les musik.

dewa 19Youtube Mei Merry Liu

Tahun 1986, Dhani dan tiga sahabatnya, Andra Junaidi, Erwin Prasetya, dan Wawan Juniarso mendirikan grup musik Dewa. Tahun 2007, ia mendirikan Republik Cinta Management (RCM). Setelah berdirinya RCM, secara berangsur-angsur ia membuat proyek musik lain seperti The Rock, T.R.I.A.D, dan MahaDewa.

RCM di bawah pimpinan Ahmad Dhani menaungi banyak pemusik handal. Ada Dewa 19, T.R.I.A.D, The Rock, MahaDewa, Mahadewi, Dewi Dewi, The Virgin. The Lucky Laki, dan The Law. Beberapa artis lain yang pernah berada dalam naungan RCM antara lain Andra and The Backbone, Alexa Key, Dewi Perssik, Once, dan lain sebagainya.

3 dari 4 halaman

Ahmad Dhani dalam Rimba Politik

dhani dan mulan2020 Merdeka.com

Dhani maju dalam kontestasi pemilihan kepala daerah di Jawa Barat pada 2017 lalu. Bersama Saduddin, ia maju sebagai calon wakil walikota Bekasi. Mereka kalah dari pasangan Neneng Hasanah Yasin dan Eka Supria Atmaja yang dinyatakan sebagai pemenang oleh KPU.

Gagal dalam pilkada tak membuat nyali politik Dhani ciut. Pada Pemilu 2019, Ia maju ke pemilihan legislatif untuk DPR RI. Ia maju untuk daerah pemilihan Jawa Timur 1 yang meliputi Surabaya dan Sidoarjo. Lagi-lagi Dhani harus menelan pil pahit. Ia dinyatakan gagal ke Senayan.

dhani dan maialiputan6.com

Di penghujung 2019, Ahmad Dhani dinyatakan bebas dari penjara. Setelah sebelumnya, Dhani ditahan karena melakukan ujaran kebencian melalui akun twitternya, @AHMADDHANIPRAST. Ujaran kebencian itu dilakukan Dhani terkait dengan momentum Pilkada DKI Jakarta pada 2017 lalu.

4 dari 4 halaman

Anang Hermansyah Sebagai Penyanyi dan Politikus

album duet anang dan krisdayantiYoutube Hary Nanda

Perceraiannya dengan Krisdayanti yang membuahkan album Separuh Jiwaku Pergi kian melambungkan nama Anang. Sebenarnya, Anang sudah mulai bermusik sejak SMA. Tapi ketika di bangku kuliah Ia baru serius menyelami dunia musik. Ia bergabung dengan sanggar milik Doel Sumbang.

Sebelum meniti karir sebagai penyanyi solo, Anang pernah memperkuat grup musik Kidnap Katrina. Sebagai penyanyi Solo, Anang menghasilkan empat album, Biarkanlah, Lepas, Melayang, dan Tania. Ia juga berkarya dan menelurkan album duet bersama istrinya, Krisdayanti. Setelah cerai dengan Krisdayanti, Ia berduet dengan Syahrini dan kemudian Ashanty.

keluarga anang dan ashanty liburan di jepanginstagram ashanty2019 Merdeka.com

Duet Anang dan Ashanty berlanjut ke hubungan romansa. Pada Mei 2012, keduanya melangsungkan pernikahan. Pernikahan Anang dan Ashanty dikaruniai dua buah hati yang diberi nama Arsy Addara Musicia Nurhermansyah dan Arsya Akbar Pemuda Hermansyah.

Pada pemilu legistalif untuk DPR RI tahun 2014, Anang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Ia maju untuk daerah pemilihan Jawa Timur IV yang meliputi Kabupaten Jember dan Lumayang. Ia dinyatakan lolos ke Senayan dan kemudian duduk di Komisi X yang membidangi masalah pendidikan, olahraga, dan sejarah.

koalisi nasional tolak ruu permusikandream.co.id

Pada 2019, namanya disebut-sebut dalam polemik munculnya RUU Permusikan. Anang memang menjadi salah satu inisiator di balik munculnya RUU Permusikan. Ia mendapat tudingan dari beberapa pihak bahwasa dirinya ingin mengambil keuntungan dari pengajuan RUU Permusikan. Tapi Anang menampik tudingan itu. Berbagai respons dari publik kemudian membuat Ia mencabut usulan tentang RUU Permusikan.

(mdk/rka)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami