Tidak Hanya Cantik, 4 Bunga Ini Ternyata Bisa Dikonsumsi dan Berkhasiat untuk Tubuh

Tidak Hanya Cantik, 4 Bunga Ini Ternyata Bisa Dikonsumsi dan Berkhasiat untuk Tubuh
Ilustrasi bunga mawar kering. ©2019 Merdeka.com
JATIM | 12 Februari 2020 10:00 Reporter : Vinna Wardhani

Merdeka.com - Merdeka - Empat sehat lima sempurna merupakan rumus mudah untuk memenuhi nutrisi seimbang. Meskipun kenyataannya cukup sulit menerapkan pola konsumsi tersebut. Tubuh memerlukan asupan makanan sehat yang mengandung karbohidrat, protein, mineral, kalsium, dan vitamin setiap hari.

Untuk memenuhi asupan itu, perlu adanya konsumsi nasi atau roti sebagai sumber karbohidrat. Disusul lauk pauk daging atau ikan, buah, sayur, serta susu. Menariknya, beberapa bunga juga dapat dikonsumsi sehari-hari.

Umumnya bunga dipergunakan untuk mempercantik ruangan. Bisa juga sebagai ungkapan kasih sayang atau ucapan selamat. Namun, ada beberapa bunga yang bisa menjadi menu makanan sehat dan memiliki kandungan baik untuk tubuh. Berikut empat jenis bunga yang dapat pula dikonsumsi:

2 dari 7 halaman

1. Bunga Saffron

Bunga yang satu ini memiliki nama lain kuma-kuma, yang tumbuh subur di daerah Afganistan. Bagi para pecinta obat-obatan herbal, Saffron merupakan salah satu bunga rempah kaya khasiat. Harga bunga ini dapat dibilang cukup mahal. Untuk satu gram Saffron dari negeri Timur Tengah dapat dihargai hampir Rp200 ribu.

002 febrianti diah kusumaningrumboldsky.com

Banyak orang percaya bahwa Saffron memiliki segudang manfaat. Di antaranya dapat mencegah depresi, membantu tidur lebih nyenyak, sebagai anti-kanker, juga mampu meningkatkan libido.

3 dari 7 halaman

Cara Konsumsi Bunga Saffron

Cara mengonsumsi Saffron ini beragam. Ada yang hanya dengan diseduh air hangat-hangat kuku atau dicampur dengan madu. Saffron akan mengubah warna air yang bening menjadi kuning.
tantri setyoriniPatheos

Di India Saffron digunakan untuk campuran memasak Nasi Briyani. Warna kuning dari Nasi Briyani didapat dari Saffron yang dimasukkan saat proses memasak. Saffron juga dapat digunakan sebagai campuran teh maupun kopi.

4 dari 7 halaman

2. Bunga Turi

Bunga satu ini pasti tidak asing bagi penikmat pecel. Salah satu campuran yang ada dalam pecel adalah Kembang Turi atau Bunga Turi. Umumnya Turi yang dijadikan kulupan berwarna putih.
ilustrasi bunga turiPixabay

Cara memasaknya sederhana, hanya tinggal direbus lalu ditiriskan. Kandungan yang ada dalam Turi di antaranya vitamin dan mineral. Kandungan ini memiliki banyak kegunaan ddi antaranya, bisa menyembuhkan seriawan, batuk, pilek, dan melancarkan ASI.

5 dari 7 halaman

3. Bunga Telang

Beberapa waktu belakangan ini Bunga Telang tengah naik daun di pasaran. Hal ini dipengaruhi oleh semakin maraknya outlet-outlet yang menglaim ramah lingkungan yang menjajakan produk herbal. Selain dinilai menjual karena khasiatnya, penampakannya Telang cukup menarik.
atau butterfly pea Theayurveda.org

Bunga yang berasal dari Asia Tenggara ini sering digunakan sebagai pewarna makanan. Di pasaran, olahan Telang berupa teh sangat diminati karena warnanya. Bunga satu ini mampu memberi warna biru keunguan pada air hangat yang digunakan untuk menyeduh.

Telang juga terkenal kaya akan antioksidan. Khasiat dari bunga ini mampu untuk menurunkan stres, merawat kesehatan kulit, dan mampu merawat daya ingat.

6 dari 7 halaman

4. Bunga Rosella

Bunga ini juga tidak kalah terkenalnya dari Saffron. Bunga Rosella atau Hibiscus sabdariffa sering digunakan sebagai teh. Bunga ini dapat membantu untuk program diet karena mampu menurunkan berat badan.
ilustrasi teh rosellaShutterstock

Hanya dengan menyeduhnya menggunakan air panas, teh Rosella siap untuk dinikmati. Rasa teh Rosella ini sedikit asam namun menyegarkan. Umumnya berwarna merah saat diseduh menjadi teh.

Ada pula khasiat lain yang dimiliki oleh Rosella, di antaranya sebagai obat gejala pilek, menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga daya tahan tubuh, bahkan mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker.
Bagian utama Bunga Rosella yang dapat digunakan adalah kelopak bunga. Kelopak bunga ini diketahui memiliki tingkat antioksidan yang tinggi.

7 dari 7 halaman

Cara Konsumsi Bunga Rosella

Cara untuk mengonsumsi Rosella sebagai teh herbal mula-mula adalah mengeringkan bunganya. Saat bunga sudah kering, langkah selanjutnya hanya tinggal menambahkan air panas untuk menyeduh. Bunga Rosella ini juga dapat digunakan sebagai pewarna makanan. Warnanya yang merah menjadikannya bunga rosella pewarna makanan alami yang aman dikonsumsi.
rosellaShutterstock

Selain dapat dikonsumsi, beberapa bunga yang disebutkan di atas, dapat dijadikan sebagai pewarna makanan alami. Bunga Saffron dapat digunakan sebagai pewarna kuning pada makanan. Bunga Telang akan memberi warna biru keunguan, serta Bunga Rosella akan menjadi pewarna merah pada makanan.

Pewarna makanan alami tentu akan lebih aman jika dibanding dengan pewarna makanan buatan parik. Terlebih untuk dikonsumsi anak kecil. Ditambah tidak hanya memberi warna namun juga memberi khasiat.


(mdk/snw)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami