Toxic Adalah Kepribadian yang Senang Menyusahkan Orang Lain, Kenali Ciri-Cirinya

Toxic Adalah Kepribadian yang Senang Menyusahkan Orang Lain, Kenali Ciri-Cirinya
ilustrasi sahabat bertengkar. ©2016 Merdeka.com
JATIM | 26 Agustus 2020 16:30 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda

Merdeka.com - Apakah Anda pernah mendengar istilah toxic? Toxic adalah istilah untuk seseorang yang “beracun” atau sifat pribadi yang suka menyusahkan dan merugikan orang lain, baik itu secara fisik ataupun emosional.

Seseorang bisa dianggap menjadi racun ketika ia menebarkan sesuatu yang negatif ke lingkungan sekitarnya. Seringkali Toxic People ditemukan melalui media sosial. Namun, dalam kehidupan nyata juga banyak.

Biasanya, kriteria toxic people ini adalah orang-orang yang sangat sulit merasakan bahagia. Hidupnya dibayang-bayang rasa tidak puas, sering mengeluh dan merasa resah. Mungkin beberapa dari kamu pernah berada di dalam lingkungan yang penuh dengan toxic people alias teman-teman yang ‘beracun.’

Biasanya, tipe-tipe orang ini suka bersikap egois dan hanya berteman untuk kepentingan pribadinya. Oleh sebab itu, kamu perlu tahu bagaimana ciri-ciri dari toxic people ini.

Untuk mengetahui lebih jelas, berikut kami telah rangkum pengertian toxic dan ciri-ciri yang dapat dikenali yang dilansir dari Liputan6.com.

2 dari 9 halaman

1. Hanya Mau Senangnya Saja

Toxic adalah suatu kepribadian yang terkadang akan melekat pada seseorang yang hanya mau senangnya saja. Biasanya, orang yang mau senangnya termasuk toxic people. Mereka tidak akan ada saat temannya membutuhkan. Jika mereka membantu, maka kebaikan yang mereka lakukan akan harus terus dibahas.

3 dari 9 halaman

2. Tidak Memiliki Empati dan Simpati

Dalam sebuah hubungan pertemanan yang sehat, pastinya sikap empati dan simpati akan sangat penting untuk dilakukan. Namun, sekali lagi toxic adalah suatu kepribadian yang membuat orang akan enggan memiliki rasa empati dan simpati.

Misalnya ketika ada teman sedang dalam masalah, bukan mendukung dan menghibur, mereka justru sibuk menghakimi atau menyalahkan. Sikap seperti ini menunjukkan ciri-ciri orang 'beracun’ atau toxic.

4 dari 9 halaman

3. Sulit untuk Meminta Maaf

Selain menyebalkan dan merugikan, toxic people tidak bisa minta maaf meski mereka sudah jelas-jelas salah. Mereka akan menganggap kesalahan mereka itu disebabkan oleh orang lain.

Dalam banyak kasus, mereka mencoba untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain tetapi sebenarnya untuk mencapai tujuan mereka sendiri, mereka mencoba untuk memperoleh simpati dan perhatian dengan cara berpura-pura sebagai korban alias play victim.

5 dari 9 halaman

4. Gemar Mengontrol dan Memanipulasi Orang Lain

Biasanya toxic adalah suatu kepribadian yang gemar berusaha untuk mengontrol dan memanipulasi orang lain. Mereka akan membuat orang lain melakukan apa yang mereka inginkan. Mereka akan menggunakan orang lain untuk mencapai tujuan mereka. Mereka juga tidak ragu untuk berbohong dan berkelit dengan sejuta alasan bila kebohongannya terkuak.

Lebih parahnya lagi, orang ini bisa membuat Anda merasa berhutang budi padanya. Mereka juga bisa menyakiti perasaan Anda dengan dalih perbuatannya dilakukan untuk menyelamatkan Anda. Misalnya menghina seseorang dengan sebutan “gendut” dengan alasan supaya ia mau berusaha lebih keras untuk diet.

Perilaku orang “beracun” ini hampir sama dengan perilaku psikopat. Jika mereka telah berhasil membuat Anda melakukan apa yang ia inginkan lewat manipulasi, selanjutnya ia akan melakukan hal-hal yang lebih parah lagi.

6 dari 9 halaman

5. Mudah Meremehkan dan Merendahkan

Apapun kesuksesan atau keberhasilan yang Anda punya, toxic people akan selalu menyangkal dan membuat Anda kesal. Ketika dia tahu Anda berhasil dan mendapat suatu pencapaian, dia secara tidak langsung akan membanding-bandingkan secara negatif dengan orang lain atau dirinya sendiri, atau bahkan menjatuhkan Anda. Intinya, dia tidak senang atas keberhasilan yang Anda miliki dan mencoba untuk merendahkan.

7 dari 9 halaman

6. Merasa Dirinya Paling Benar

Merasa paling benar dan paling hebat sering disebut dengan Thanos Syndrome atau sindrom Thanos yang biasanya dimiliki oleh orang-orang yang berkepribadian toxic. Sindrom Thanos adalah perasaan paling hebat dan paling benar. Merasa dirinya sudah melakukan yang terbaik. Seringkali mengira semua hal akan berantakan dan berjalan tidak mulus jika dirinya tidak ada.

8 dari 9 halaman

7. Tidak Konsisten

Toxic adalah suatu kepribadian yang gemar menyusahkan orang lain. Biasanya, orang-orang toxic akan mudah dikenali dengan perkataannya yang tidak memiliki konsisten. Padahal, sebuah konsistensi akan sangat diperlukan dalam hubungan pertemanan ataupun sebuah pasangan. Jika seseorang memiliki konsistensi, maka orang tersebut dinilai akan dapat memenuhi perkataannya dan dapat menepatinya.

9 dari 9 halaman

8. Penghasut

Biasanya, ciri-ciri toxic people merupakan seseorang yang gemar menghasut orang lain. Menurut KBBI, hasut adalah membangkitkan hati orang supaya marah (melawan, memberontak, dan sebagainya).

Jika kamu pernah menceritakan keburukan orang lain kepada teman kamu, lalu teman kamu terusik dan menjadi marah atas apa yang kamu sampaikan maka tanpa kamu sadari kamu telah menjadi penghasut.

Ini adalah kriteria Toxic People yang sangat berbahaya karena bisa menimbulkan permusuhan dan perpecahan. Jika ada seorang teman di antara kamu yang memiliki perilaku demikian, lebih baik batasi komunikasi dengan orang seperti itu.

(mdk/raf)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini