Ribuan Jemaah Umrah dari Berbagai Wilayah di Indonesia Gagal Berangkat ke Tanah Suci

Ribuan Jemaah Umrah dari Berbagai Wilayah di Indonesia Gagal Berangkat ke Tanah Suci
JATIM | 28 Februari 2020 14:41 Reporter : Miftahul Arifin

Merdeka.com - Dampak meluasnya virus corona membuat pemerintah Arab Saudi melakukan upaya pencegahan. Salah satunya adalah dengan menangguhkan sementara semua perjalanan umroh, termasuk kunjungan ke Masjid Nabawi di Madinah.

Hal itu di lakukan oleh pemerintah Arab Saudi agar tidak meluasnya virus corona. Penangguhan tersebut juga berdampak kepada calon jemaah umrah asal Indonesia.

Ribuan jemaah umrah asal Indonesia gagal berangkat ke Tanah Suci. Potensi kerugian untuk seluruh biro penyelenggara perjalanan umrah mencapai kurang lebih Rp 1 triliun.

Dari berbagai sumber yang dihimpun, hampir setiap provinsi di Indonesia membatalkan keberangkatan jemaah umrahnya. Perjalanan umrah dibatalkan dengan alasan yang sama, pemerintah Arab Saudi lah yang menangguhkan sementara semua perjalanan umrah.

Berikut beberapa wilayah di Indonesia yang gagal memberangkatkan jemaah umrahnya:

1 dari 5 halaman

DKI Jakarta

Pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta, PT Angkasa Pura II mencatat, kurang lebih 1.300 calon jemaah umrah harus tertunda keberangkatannya menuju Arab Saudi. Menyusul adanya keputusan menangguhkan sementara waktu penerbangan menuju Jeddah dan Madinah akibat mewabahnya virus Corona.

"Total 9 maskapai, yakni empat dari Garuda Indonesia, tiga dari Saudia Airlines, satu dari Lion Air dan satu lagi Batik Air yang transit ke Singapura. Dan itu semua terpaksa ditunda sesuai dengan keputusan pemerintah Arab Saudi," tutur Achmad di Terminal 3, Kamis (27/2/2020) yang dilansir dari Liputan6.com.

2 dari 5 halaman

Jawa Tengah

jemaah calon umroh menumpuk di bandara soetta

2020 Merdeka.com/Kirom

Sekitar 3000 jemaah umrah dari Jawa Tengah terancam gagal berangkat ke tanah suci. Hal tersebut disebabkan keputusan Pemerintah Arab Saudi yang melarang jemaah umrah dari seluruh dunia untuk masuk ke negara tersebut.

3 dari 5 halaman

Jawa Barat

suasana mekah usai penghentian sementara ibadah umroh

2020 REUTERS/Ganoo Essa/ ilustrasi

Sementara ribuan warga Jawa Barat yang hendak melakukan ibadah umrah, gagal diberangkatkan menyusul adanya penghentian visa umrah oleh pemerintah Arab Saudi. Keputusan pemerintah Arab Saudi menghentikan visa umroh tanpa batas waktu yang pasti.

4 dari 5 halaman

Jawa Timur

suasana mekah usai penghentian sementara ibadah umroh

2020 REUTERS/Ganoo Essa/ ilustrasi

Tercatat sedikitnya 84.855 jemaah asal Jawa Timur yang telah mendaftar untuk menjalankan ibadah umrah ke Tanah Suci terancam gagal berangkat. Hal itu berdasarkan informasi dari Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) di provinsi setempat yang dilansir dari antaranews.com.

5 dari 5 halaman

Makassar

umroh abu tour

2018 Merdeka.com/irwanto

Ribuan calon jemaah umrah dari embarkasi Makassar akan tertunda keberangkatannya ke Tanah Suco. Terkait hal tersebut, DPD Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji Umroh Republik Indonesia (AMPHURI) Sulawesi Maluku Papua akan memberi pemahaman pada ribuan calon jemaah yang sudah siap berangkat, untuk memahami kebijakan luar negeri pemerintah Arab Saudi tersebut.

(mdk/mif)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami