Warga Malang Buta Usai Divaksin AstraZeneca, Sebelumnya Normal Tak Punya Penyakit

Warga Malang Buta Usai Divaksin AstraZeneca, Sebelumnya Normal Tak Punya Penyakit
Vaksinasi Covid-19 Moderna di RSUD Pasar Minggu. ©Liputan6.com/Herman Zakharia
JATIM | 2 Desember 2021 08:00 Reporter : Rizka Nur Laily M

Merdeka.com - Seorang warga Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur, mengaku mengalami kebutaan setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19 jenis AstraZeneca.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Husnul Muarif membenarkan informasi tersebut. Namun, penyebab kebutaan masih dalam proses pemeriksana oleh ahli.

"Benar. Untuk penyebabnya masih dalam pemeriksaan ahli," terangnya di Kota Malang, Rabu (1/12/2021).

Jalani Perawatan

Husnul menjelaskan, warga Kelurahan Arjowinangun yang mengalami kebutaan itu telah mendapat penanganan. Warga tersebut menjalani pemeriksaan dan perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Saiful Anwar Kota Malang.

"Kasusnya sudah ditangani dengan baik, kontrolnya di RSUD Saiful Anwar," lanjutnya, dikutip dari Antara.

2 dari 2 halaman

Curhat di Medsos

007 indra cahya©2016 Merdeka.com

Sebelumnya, Titik Andayani membagikan cerita mengenai kebutaan yang dialami suaminya setelah disuntik vaksin Covid-19 jenis AstraZeneca dosis pertama pada 3 September 2021, di halaman grup Facebook Komunitas Peduli Malang Raya (Asli Malang).

Titik mengungkapkan, hasil pemeriksaan sang suami sebelum menerima suntikan vaksin Covid-19 menunjukkan kondisi normal dan tidak ada penyakit bawaan atau komorbid. Melalui unggahan cerita di media sosial Facebook itu, Titik meminta publik menyebarluaskan informasi tersebut kepada masyarakat dengan harapan pemerintah bakal memberikan bantuan.

Saat ini, kondisi kesehatan suami Titik sudah berangsur membaik hingga 70 persen. Namun, selama pengobatan berjalan, imbuh dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang tidak memberikan perhatian terhadap masalah yang dialami keluarganya.

“Saya sudah mengirim pesan ke Pak Sutiaji (Wali Kota Malang) dan Ibu Widayati (Istri Sutiaji) untuk meminta bantuan. Sejak vaksin sampai sekarang suami saya tidak bisa bekerja," ungkapnya.

(mdk/rka)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami