Wawancara Khusus

Direktur Utama TIKI Yuliana Hastuti: Peran Jasa Kurir Makin Krusial

Direktur Utama TIKI Yuliana Hastuti: Peran Jasa Kurir Makin Krusial
Presiden Direktur Tiki Yuliana Hastuti. ©2021 Istimewa
KHAS | 3 November 2021 07:05 Reporter : Angga Yudha Pratomo

Merdeka.com - Pandemi Covid-19 yang belum juga reda membuat bisnis logistik semakin bersinar. Potensi besar ini sejalan dengan makin banyaknya penggunaan layanan e-commerce dan marketplace.

Data Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) mencatat, pertumbuhan bisnis logistik pada 2020 mencapai lebih dari 30 persen. Pertumbuhan sektor ini secara keseluruhan diperkirakan bisa mencapai Rp40 triliun atau lebih setiap tahunnya.

Direktur Utama PT Citra Van Titipan Kilat atu TIKI, Yuliana Hastuti juga menggambarkan hal yang sama. Bisnis jasa e-commerce termasuk yang moncer selama pandemi. Sebab, bisnis ini tetap bisa beroperasi penuh melayani masyarakat.

Didukung adanya peningkatan pemesanan barang secara online yang tentunya membutuhkan jasa kurir untuk mengirimkan ke pelanggan.

"Peralihan aktivitas bisnis ke online baik itu melalui platform marketplace maupun online shop semakin membutuhkan jasa kurir untuk pendistribusiannya kepada konsumen," katanya.

Menurut dia, berbagai macam barang dipesan masyarakat selama pandemi, mulai dari produk kesehatan hingga kebutuhan sehari-hari.

Berikut wawancara khusus merdeka.com dengan Direktur Utama PT Citra Van Titipan Kilat atu TIKI Yuliana Hastuti.

presiden direktur tiki yuliana hastuti

Bagaimana iklim bisnis logistik di tengah pandemi?

Bisnis jasa kurir dan logistik termasuk bisnis yang dikecualikan sehingga tetap dapat beroperasi secara penuh. Pembatasan kegiatan bisnis dan masyarakat yang terjadi selama lebih dari 1,5 tahun ini menjadikan peranan jasa kurir semakin krusial dalam mendukung roda perekonomian di daerah maupun di pusat.

Peralihan aktivitas bisnis ke online baik itu melalui platform marketplace maupun online shop semakin membutuhkan jasa kurir untuk pendistribusiannya kepada konsumen. Selama masa pandemi ini, transaksi alat kesehatan (seperti hand sanitizer, masker, disinfektan, dsb), serta kebutuhan rumah tangga dan kuliner mendominasi pengiriman yang ditangani oleh TIKI.

Sepanjang 2020, apakah ada peningkatan permintaan karena banyak orang belanja dari rumah?

Dari sisi volume pengiriman, pada dasarnya TIKI masih berada di kisaran normal seperti bulan-bulan sebelum adanya pandemi. Dari jenis kiriman selama pandemi lebih didominasi oleh alat-alat kesehatan seperti thermometer, masker dan hand sanitizer.

Pelanggan pun di masa pandemi ini semakin teredukasi dan nyaman memanfaatkan layanan digital yang dimiliki TIKI dalam melakukan transaksi mulai dari online booking, pick up, tracking hingga pembayaran, antara lain Aplikasi TIKI dan layanan JEMPOL.

Di tahun 2021 ini, TIKI meluncurkan beberapa produk dan layanan terbaru kami untuk dapat mengakomodasi kebutuhan pasar antara lain

TIKI PUTAR: Memberikan pilihan pengantaran dalam hitungan jam di hari yang sama, dan lebih cepat dari produk Same Day Service. Kurir akan menjemput barang ke titik penjemputan yang telah ditentukan pelanggan, dan akan langsung mengantarkan barang ke titik tujuan. Saat ini TIKI PUTAR masih difokuskan untuk wilayah DKI Jakarta, Bandung, Cirebon dan Makassar, dan akan menyusul beberapa kota lainnya.

SERLOK (Seller Online Booking): Layanan bagi para online seller yang menawarkan berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi pengiriman dengan TIKI. Keuntungan menjadi member SERLOK adalah gratis pick up barang, diskon 18 persen biaya pengiriman, kemudahan pembayaran mulai dari fasilitas Cash on Delivery hingga pelunasan H+2 setelah transaksi. Layanan baru ini berlaku hanya untuk para online seller yang belum memiliki akun di TIKI. Memperoleh penghargaan bergengsi, Top Innovation Choice Award 2021 atas inovasi layanan Seller Online Booking (SERLOK) untuk para pengusaha online.

SDS KITA (Kuliner Nusantara): Kiriman kuliner akan tiba di hari yang sama dengan biaya yang sangat kompetitif. Semakin memudahkan para pecinta makanan untuk menikmati beragam kuliner nusantara. Saat ini fokus untuk pengiriman kuliner dengan tujuan Jabodetabek, mengingat mayoritas konsumen kuliner daerah masih didominasi di wilayah Jabodetabek. Kiriman dari : Denpasar, Mataram, Balikpapan, Cianjur, Jambi, Pangkal Pinang, Palembang, Pontianak, Sukabumi, Lampung, Banjarmasin, Bandung, Pekanbaru, Surabaya, dan Makassar.

Perluasan TIKI DRIVE THRU: Fasilitas DRIVE THRU merupakan fasilitas unggulan TIKI yang makin banyak diminati para pelanggan terutama di masa pandemi. Pelanggan dapat mengirim paketnya tanpa perlu turun dari kendaraan sehingga mengurangi kontak fisik. Hingga saat ini, TIKI memiliki 3 fasilitas Drive Thru: 2 berada di DKI Jakarta (TIKI Pemuda dan TIKI TB Simatupang); 1 di Pekanbaru.

presiden direktur tiki yuliana hastuti

Persaingan bisnis logistik cukup tinggi di Indonesia, banyak pesaing menawarkan harga murah, bagaimana strategi TIKI menghadapi ini?

Kami melihat persaingan sebagai motivasi untuk terus berinovasi. Kami sangat bangga dan bersyukur di usianya yang memasuki 51 tahun ini, TIKI mampu menjaga komitmennya menjadi perusahaan jasa pengiriman terpercaya dan dapat diandalkan oleh masyarakat Indonesia.

Selama 5 dekade ini menjadi bukti nyata bagaimana TIKI dapat terus mengikuti perkembangan kebutuhan dan tetap menjadi pilihan pelanggan terlepas dari bermunculannya pemain-pemain baru di jasa kurir.

Dalam menjalankan bisnis, TIKI selalu berfokus pada tiga strategi utama yaitu operational excellences (kualitas pelayanan terbaik dengan kapabilitas operasional yang mumpuni), customer intimacy (selalu mengutamakan kebutuhan dan kepentingan konsumen) dan product and service quality leadership (keunggulan produk dan kualitas layanan). Ketiga hal ini lah yang terus kami jaga konsistensinya sehingga pelanggan mendapatkan pengalaman yang terbaik ketika bertransaksi dengan TIKI.

Bagaimana dengan persaingan tarif?

Fokus utama kami adalah bagaimana TIKI dapat melayani dan memenuhi kebutuhan konsumen. Tidak hanya biaya yang kompetitif, kami terus melakukan inovasi dengan meluncurkan berbagai produk yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan dan gencar melakukan berbagai promo marketing.

Antara lain seperti promo pengiriman Jabodetabek untuk produk REG Rp 8.000, ONS Rp 12.000 berjalan sampai 31 Desember 2021. Jakarta - Bandung produk Regular hanya Rp 11.000, produk ECO (Economy) hanya Rp 10ribu/kg.

Apa kelebihan TIKI dari perusahaan logistik lainnya?

Kredibilitas TIKI sebagai perusahaan kurir lokal dengan rekam jejak selama 51 tahun. Banyak pelanggan-pelanggan korporasi terutama yang telah lama mempercayakan kebutuhan distribusinya kepada kami karena rekam jejak kami ini.

Jaringan operasional TIKI yang luas hingga ke pelosok negeri. Saat ini TIKI telah menjangkau lebih dari 88 persen kode pos di seluruh Indonesia, dari total 514 wilayah kota dan kabupaten. Pionir dalam berbagai inovasi layanan seperti layanan pengiriman ikan dan tanaman hias, TIKI DRIVE THRU, dan masih banyak lagi.

presiden direktur tiki yuliana hastuti

Kabarnya TIKI mulai merambah bisnis mengantar makanan?

Produk Same Day Service Kuliner Nusantara (SDS KITA) bertujuan untuk mendukung UMKM daerah dan juga semakin memudahkan para pecinta makanan untuk menikmati beragam kuliner nusantara dan tentunya dengan biaya yang lebih hemat. Dengan produk SDS KITA ini, kiriman kuliner akan tiba di hari yang sama dengan biaya yang sangat kompetitif.

Kami melihat respon yang cukup baik dari masyarakat terhadap produk SDS KITA ini dan kami terus memperluas jangkauan layanan kami.

SDS KITA (Kuliner Nusantara): Kiriman kuliner akan tiba di hari yang sama dengan biaya yang sangat kompetitif. Semakin memudahkan para pecinta makanan untuk menikmati beragam kuliner nusantara. Saat ini fokus untuk pengiriman kuliner dengan tujuan Jabodetabek, mengingat mayoritas konsumen kuliner daerah masih didominasi di wilayah Jabodetabek.

Tarif mulai dari Rp. 25.000/Kg. Untuk kiriman dari Denpasar, Mataram, Balikpapan, Cianjur, Jambi, Pangkal Pinang, Palembang, Pontianak, Sukabumi, Lampung, Banjarmasin, Bandung, Pekanbaru, Surabaya, dan Makassar.

Sampai saat ini berapa jumlah gerai TIKI di seluruh wilayah Indonesia?

Hingga saat ini, TIKI memiliki jaringan operasional yang meliputi 66 kota besar di Indonesia, didukung oleh lebih dari 500 kantor perwakilan (Sales Counter), dan sekitar 4000 gerai.

Belakangan sempat ramai mengenai sistem COD tapi pembeli tak mau bayar ke kurir. Apakah kurir TIKI pernah mengalami dan bagaimana solusi masalah itu?

Hingga saat ini kami belum menemukan kasus seperti itu dan semoga tidak ada.

armada pelayanan tiki

Ke depannya, bagaimana rencana pengembangan bisnis TIKI?

Target kami 3-5 tahun ke depan untuk dapat terus mempertahankan kepemimpinan kami di industri ini dengan fokus dalam pengembangan jaringan distribusi agar dapat menjangkau hingga lebih dari 95 persen wilayah Indonesia.

Selanjutnya pengembangan dan perluasan cakupan produk dan layanan kami di seluruh Indonesia antara lain layanan TIKI Drive Thru 24 hours, TIKI PUTAR dan TIKI SERLOK, SDS KITA. Inovasi untuk layanan korporat serta memperkuat infrastruktur operasional dengan mengutamakan teknologi otomasi dan teknologi digital. (mdk/noe)

Baca juga:
Berdasarkan Riset SnapCart 2021, Berikut E-Commerce Terbaik di Indonesia
Kadin Jatim: Produk UMKM Hanya Kuasai 7 Persen Pasar E-commerce
OJK Ramal Pertumbuhan E-commerce RI Jadi Jawara se-ASEAN di 2025
Fokus E-Commerce Jadi Penyelamat Industri Ritel di Tengah Pandemi
Berdampak Mulia ke Petani, Maudy Ayunda Investasi di Startup Segari
Tips UMKM Perluas Pasar di E-commerce

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami