INFOGRAFIS: e-KTP Tak Berbentuk Fisik, Tidak Perlu Lagi Fotokopi

INFOGRAFIS: e-KTP Tak Berbentuk Fisik, Tidak Perlu Lagi Fotokopi
infografis cara buat e-ktp digital. ©2022 Merdeka.com/Grafis: Amar Choiruddin
KHAS | 10 Januari 2022 16:30 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah

Merdeka.com - Pemerintah menyoroti persoalan identitas data pribadi yang kerap difotokopi sebagai syarat untuk keperluan administrasi. Di era serba digital, seharusnya ini tidak perlu lagi. Akses verifikasi data pribadi dilakukan dengan sistem digitalisasi.

"Ini juga penting saya sampaikan bagi kantor-kantor untuk tidak lagi meminta fotokopi dokumen kependudukan dari masyarakat," kata Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh dalam keterangannya, Sabtu (1/1).

Sejalan dengan itu, Pemerintah mulai menerapkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dalam bentuk digital. Tidak perlu lagi membawa e-KTP dalam bentuk fisik. Penerapan e-KTP digital ini telah dilakukan di 50 kabupaten atau kota di Indonesia.

Dengan menggunakan e-KTP digital, pelayanan administrasi semakin mudah dan cepat. Data pribadi pun terlindungi. Segala bentuk kegiatan masyarakat yang memerlukan identitas nantinya tanpa lagi manual dengan memfotokopi e-KTP.

Sebab, warga hanya perlu scan barcode e-KTP yang sudah tersimpan di ponsel jika aktivitas memerlukan identitas pribadi. Sistem langsung tersambung ke bank data di Kemendagri.

e-KTP digital diterima masyarakat di handphone dengan dilengkapi QR Code. Scan barcode tersebut nantinya bakal menjadi identitas digital masyarakat. (mdk/noe)

Baca juga:
Kemendagri: Kartu Keluarga Mirip e-KTP Itu Ilegal, Laporkan Polisi!
VIDEO: Kecanggihan e-KTP Digital, Cukup Scan Barcode di Handphone Tak Perlu Fotokopi
Syarat dan Cara Membuat e-KTP Digital
Mengenal e-KTP Digital, Masyarakat Cukup Scan Barcode di Smartphone untuk Identitas
Kemendagri Minta Dokumen Kependudukan Tak Terpakai Dimusnahkan
CEK FAKTA: Hoaks Bentuk Kartu Keluarga Mirip e-KTP

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami