INFOGRAFIS: Syarat, Cara dan Mekanisme Vaksinasi Booster Covid-19

INFOGRAFIS: Syarat, Cara dan Mekanisme Vaksinasi Booster Covid-19
Infografis Vaksin Booster Gratis. ©2022 Merdeka.com
KHAS | 13 Januari 2022 14:15 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Sejumlah wilayah sudah melakukan penyuntikan vaksin booster Covid-19. Presiden Joko Widodo sudah menyatakan secara tegas. Vaksin booster COvid-19 diberikan gratis. Sasaran awal untuk lansia dan kelompok rentan.

Targetnya, vaksin booster menyasar 21 juta orang yang sudah menerima vaksin primer (dosis 1 dan 2). Masyarakat bisa cek tiket dan jadwal vaksinasi booster Covid-19 di aplikasi PeduliLindungi. Tertera waktu pelaksanaan vaksinasi.

"Jadi tidak ada registrasi tapi bisa cek di PeduliLindungi apakah sudah terdaftar atau tidak," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi kepada merdeka.com.

Setelah memiliki tiket, masyarakat bisa langsung mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah. Seperti di puskesmas, rumah sakit pemerintah, maupun rumah sakit milik pemerintah daerah. Opsi lainnya, masyarakat bisa mendaftarkan diri lewat pemerintah daerah masing-masing.

Vaksin booster menggunakan tiga kombinasi dengan dosis yang sama, yakni setengah. Pertama, jika masyarakat mendapatkan vaksin primer Sinovac maka booster menggunakan Pfizer dengan dosis setengah.

Kedua, jika masyarakat mendapatkan vaksin primer Sinovac maka booster bisa menggunakan AstraZeneca dengan dosis setengah. Ketiga, jika masyarakat mendapatkan vaksin primer AstraZeneca maka booster menggunakan Moderna dengan dosis setengah.

Meskipun dosisnya hanya setengah, diyakini ampuh. Epidemiolog dari Centre for Environmental and Population Health Griffith University Australia, Dicky Budiman mengatakan booster setengah dosis Pfizer yang diberikan kepada masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin primer Sinovac terbukti efektif memberikan proteksi.

"Boosternya meskipun setengah dosis Pfizer itu terbukti efektif," kata Dicky kepada merdeka.com, Rabu (12/1). (mdk/noe)

Baca juga:
Begini Tahapan Pelaksanaan Vaksinasi Booster Covid-19 di Tangerang Selatan
Vaksinasi Booster Perdana di Tangerang Menyasar 5 Kecamatan
Kemenkes Izinkan Vaksinasi Booster Lansia di Semua Wilayah
DPR Ingatkan Pemerintah Prioritaskan Daerah yang Vaksin Dosis Pertama Belum 70%
Menko PMK Muhadjir Harap Produksi Vaksin Merah Putih Dipercepat
Vaksinasi Booster di Makassar Tunggu Alokasi Dosis Vaksin Covid-19
Penyuntikkan Vaksin Penguat di Jatim Sudah Dimulai, Begini Cara Mendapatkannya

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami