Langkah Rumit Proyek RS Corona Pulau Galang

Langkah Rumit Proyek RS Corona Pulau Galang
KHAS | 16 Maret 2020 09:52 Reporter : Rifa Yusya Adilah

Merdeka.com - Basuki Hadimuljono merasa mampu sulap Pulau Galang, Batam. Targetnya menjadikan area itu untuk observasi dan karantina pasien penderita virus Corona. Ujian sebagai menteri andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Basuki diminta rampungkan proyek selama 20 hari.

Pemerintah benar-benar ingin memulai proyek dari nol. Area bak kota mati itu ingin dihidupkan kembali. Mereka target akhir Maret 2020 selesai mendirikan rumah sakit khusus pasien Corona. Termasuk menghadirkan tim kesehatan dan infrastruktur lainnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini berencana, di tahap awal segera dibangun rumah sakit memiliki tingkat dua. Kemudian memiliki fasilitas karantina dan isolasi. Ruang observasi nantinya memiliki kapasitas 230 tempat tidur. Untuk satu kamar memiliki kapasitas rawat hingga 10 pasien.

menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat basuki hadimuljono meninjau bekas kamp vietnam pulau galang

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meninjau bekas Kamp Vietnam Pulau Galang ©2020 Merdeka.com

Sedangkan ruang isolasi nantinya memiliki 30 tempat tidur Intensive Care Unit (ICU) dan 20 tempat tidur Non ICU. Pemerintah bahkan mengklaim bakal memakai segala teknologi sesuai standar.

Basuki menegaskan pembangunan di Pulang Galang bukan untuk rumah sakit, melainkan tempat observasi dan isolasi para pasien penyakit menular. Itu pun bukan hanya untuk penanganan virus Corona atau COVID-19, melainkan berbagai penyakit menular lainnya, seperti flu burung dan lainnya. "Kita siapkan tempat observasi, bukan rumah sakit," kata dia.

Pembangunan rumah sakit di Pulau Galang dilakukan melalui Kerjasama Operasi (KSO) antara PT. Wijaya Karya (Persero) dan PT. Waskita dengan Konsultan Manajemen Konstruksi PT. Virama Karya.

Pulau Galang memiliki luas sekitar 80 kilometer persegi. Wilayah ini merupakan bagian dari gabungan tiga pulau yang disebut Barelang, yaitu Batam, Rempang, dan Galang. Ketiganya dihubungkan dengan jembatan Barelang terletak di sebelah selatan Singapura dan Johor, Malaysia.

Baca Selanjutnya: Kota terdekat dari Pulau Galang...

Halaman

(mdk/ang)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami