MALANG
  1. MALANG
  2. AREMANIA
Kabar Arema

Nama Arema ternyata sudah muncul sejak ratusan tahun silam

walaupun saat ini identik dengan nama klub sepakbola dan identitas arek Malang, nama Arema sebenarnya berawal dari patih kerajaan Singhasari.

Oleh: Rizky Wahyu Permana 28 Maret 2016 15:27

Merdeka.com, Malang - Arema merupakan sebuah nama yang sudah cukup dikenal oleh banyak orang di Indonesia. Untuk banyak orang, nama Arema sering diartikan sebagai sebuah klub sepakbola kebanggan Malang. Beberapa orang yang lain juga mengartikan nama ini sebagai akronim dari Arek Malang dan digunakan sebagai sebuah identitas bagi orang-orang asli Malang. Namun jauh sebelum nama ini digunakan sebagai identitas dan nama klub sepak bola, nama Arema ternyata sudah cukup dikenal.

Pada masa lalu, ternyata nama Arema sudah digunakan oleh seorang patih dari kerajaan Singhasari. Dikisahkan melalui kidung Harsawijaya, patih yang memiliki nama Kebo Arema ini merupakan salah satu pemuka kerajaan Singhasari di masa pemerintahan Kertanegara. Hal ini juga didukung tulisan yang ditemukan pada prasasti Penampihan.

Dalam prasasti Penampihan tersebut tertulis bahwa pada tahun 1191 saka atau tahun 1269 Masehi, Kertanegara mengangkat Patih Kebo Arema serta Sang Ramapati sebagi penasihat raja. Peran yang selanjutnya diemban oleh patih Kebo Arema adalah sebagai panglima angkatan bersenjata kerajaan Singhasari.

Pada masa patih Kebo Arema menjabat sebagai panglima ini lah kerajaan Singhasari melakukan ekspedisi Pamalayu dan melakukan perluasan kekuasaan hingga ke wilayah Sumatera. Selain memimpin ekspedisi, patih Kebo Arema juga berhasil mematahkan beberapa pemberontakan yang mengintai wilayah kerajaan Singhasari.

Walaupun pada saat ini nama patih tersebut kurang dikenal, namun temuan ini menunjukkan bahwa nama Arema telah lama dikenal dan merupakan seorang patih yang memiliki prestasi gemilang.

(rwp/rwp)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG