MALANG
  1. MALANG
  2. GAYA HIDUP
Tips

4 Cara selamatkan sepatu dari bau apak di musim hujan

Bau apak dan busuk dari sepatu merupakan masalah yang sering dialami ketika musim hujan tiba. Ini empat cara untuk hilangkan bau itu dari sepatu.

Oleh: Rizky Wahyu Permana 13 November 2018 08:12

Merdeka.com, Malang - Datangnya musim hujan di Malang selalu identik dengan kota yang basah dan dingin serta hujan lokal di beberapa tempat. Sering kali satu tempat dan tempat yang lain dengan jarak hanya beberapa menit saja bisa tiba-tiba berbeda cuaca dan hujan, hal itu lah yang menyebabkan kita sering tak siap dalam memakai jas hujan dan yang paling sering adalah lupa melepas sepatu sehingga menjadikannya basah dan ketika lupa melepas dan menjemur cepat-cepat maka akhirnya akan timbul bau apak yang sulit hilang dan menempel di kaki ketika digunakan. Untuk menghilangkan bau sepatu yang membandel itu, empat cara berikut bisa kamu gunakan:

1. Menabur baking soda

Baking soda merupakan bahan yang bisa gampang kamu jumpai di toko-toko sekitar rumah atau bahkan mungkin sudah kamu miliki. Nah, bahan yang satu ini bisa membantu mengusir bau di dalam sepatu dengan mudah. Caranya cukup dengan menaburkannya ke bagian dalam sepatu. Selanjutnya biarkan sepatu yang sudah ditaburi baking soda itu selama satu malam. Pada pagi harinya, bersihkan sisa-sisa baking soda tersebut dan coba cium sepatumu niscaya bau busuk yang muncul dijamin telah menghilang.

2. Mengoles alkohol

Bau busuk di sepatu biasanya muncul akibat berkembangnya bakteri di kondisi lembab, salah satu musuh dari bakteri ini adalah alkohol. Caranya juga cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan alkohol secara merata ke bagian dalam sepatu, tetapi tentu saja jangan terlalu basah atau membuat sepatu 'klomoh'. Selanjutnya biarkan sepatu selama satu malam dan pada pagi harinya bau busuk akan hilang seketika. Namun pastikan bahwa sepatumu tidak berbahan kulit karena alkohol justru bisa dapat membuat kondisi kulit pada sepatu menjadi rusak.

3.Letakkan teh celup

Salah satu bahan lain yang gampang dicari dan dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau dalam sepatu. Kantung teh celup yang digunakan dalam sepatu ini adalah yang sudah bekas dan digunakan, usahakan juga agar yang dipilih adalah teh hitam. Selain itu jangan langsung masukkan kantung teh celup yang masih panas dan penuh air ke dalam sepatu. Tunggu hingga dingin dan baru letakkan dalam sepatu. Letakkan selama semalam dan besok paginya bau apak dijamin sudah menjauh dan pergi dari sepatu kamu.

4. Letakkan sepatu dalam freezer

Jika cara-cara yang lain masih tergolong biasa, cara yang satu ini tergolong lebih ekstrem dari yang lainnya. Memasukkan sepatu ke dalam freezer dapat menghilangkan bakteri-bakteri yang menyebabkan bau apak. Tetapi jangan langsung masukkan sepatu dalam freezer karena dapat menyebabkan pertengkaran dengan ibu atau istri di rumah. Masukkan dulu sepatu ke dalam kantong plastik, disarankan yang memiliki ujung ziplock. Selanjutnya biarkan sepatu dalam freezer selama semalam, setelah itu keluarkan dan jemur dulu hingga kering sebelum digunakan. Kini bau apak dari sepatu dipastikan hilang dan membuat baunya jadi normal seperti sedia kala. Selamat mencoba!

Baca juga:

(rwp/rwp)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG