MALANG
  1. MALANG
  2. GAYA HIDUP
Sejarah Malang

5 Julukan yang disandang kota Malang

Berbeda dengan banyak kota lain, Malang memiliki setidaknya lima julukan berbeda yang disandangnya.

Oleh: Rizky Wahyu Permana 28 Maret 2016 16:21

Merdeka.com, Malang - Biasanya sebuah kota hanya memiliki satu julukan saja yang disandang oleh kota tersebut, namun hal itu berbeda dengan kota Malang karena setidaknya terdapat lima julukan yang diberikan untuk kota ini. Sejarah yang panjang, lokasi yang cukup sejuk, serta perkembangan yang terjadi pada kota Malang masa kini menjadikannya memiliki banyak julukan yang diberikan oleh orang lain. Berikut lima julukan yang disandang oleh kota Malang.

1. Kota pendidikan

Julukan sebagai kota pendidikan karena terdapat puluhan Perguruan tinggi baik yang negeri maupun swasta selain itu juga terdapat banyak sekolah dan fasilitas pendidikan dengan kualitas yang cukup tinggi. Hal itu yang menyebabkan banyak pelajar serta mahasiswa membanjiri kota ini untuk mendapatkan sekolah dan pendidikan yang berkualitas.

2. Kota bunga

Julukan Malang kota bunga muncul pada masa lalu karena keindahan penataan dan bunga-bunga yang terdapat di kota ini. Pada zaman dulu kota Malang dinilai sangat cantik karena terdapat banyak pohon-pohon dan bunga yang tumbuh dengan indah dan asri. Pada masa lalu juga banyak penjual bunga yang dapat ditemui secara mudah di banyak sudut kota Malang.

3. Kota militer

Malang juga sering disebut sebagai kota militer karena terdapat banyak maskar militer di wilayah sekitarnya. Sebutan ini sebenarnya juga sudah digunakan sejak masa penjajahan Belanda terutama untuk menandai daerah timur stasiun Kota Baru yang diisi oleh banyak markas tentara serta adanya lapangan terbang militer. Pada saat ini julukan tersebut masih dapat berlaku karena masih terdapat banyak markas tentara baik di dalam kota maupun pada wilayah sekitarnya.  

4. Kota wisata

Sejak masa lalu, Malang sudah dikenal sebagai kota yang memiliki pemandangan indah baik dalam segi penataan kota serta pemandangan. Selain itu beragamnya makanan dan jajanan yang ada di kota ini menunjang Malang sebagai tempat tujuan yang cukup menarik bagi wisatawan. Selain itu akses transportasi yang kian mudah serta semakin banyaknya hotel dan penginapan di kota ini dapat memanjakan pengunjung yang datang. Hal ini lah yang mendorong munculnya istilah kota wisata bagi Malang.

5. Kota sejarah

Selain pemandangan yang memikat dan makanan yang enak, salah satu daya tarik dari kota ini adalah sejarah panjang yang dimilikinya. Kota Malang merupakan pusat dari berbagai kerajaan seperti Kanjuruhan dan Singhasari yang peninggalannya masih dapat ditemui hingga saat ini. Selain itu banyaknya bangunan kuno buatan Belanda telah menjadikan kota ini layak mendapat julukan sebagai kota sejarah.

Itu lah lima julukan yang disandang oleh kota Malang.

(rwp/rwp)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG