MALANG
  1. MALANG
  2. GAYA HIDUP
Fakta Unik

Bukan untuk koin, ini fungsi sesungguhnya saku kecil di celana jeans

Saku kecil pada celana jeans tenyata memiliki nama sebagai the watch pocket dan memiliki fungsi untuk menyimpan jam.

Oleh: Rizky Wahyu Permana 14 Agustus 2017 16:13

Merdeka.com, Malang - Ketika menggunakan celana jeans, pada bagian depan tepatnya di saku sebelah kanan tampak sebuah saku yang ukurannya cukup mungil dan berada tepat di atas saku lain yang lebih besar. Bagi banyak orang, saku ini biasanya digunakan untuk menyimpan uang koin atau receh yang mereka miliki. Namun ternyata, saku kecil di bagian depan ini ternyata tidak diciptakan untuk koin.

Untuk membahas mengenai fungsi sesungguhnya dari saku kecil di bagian depan celana jeans ini, kita perlu menengok lagi pada masa-masa awal penemuan celana tersebut. Pada mulanya, celana jeans merupakan pakaian yang diciptakan oleh Levi Strauss dan digunakan oleh kelas pekerja karena daya tahan dari celana tersebut.

Pada tahun 1920-an, celana jeans merupakan simbol status kelas sosial dan ekonomi pekerja di masa itu. Hampir semua kelas pekerja menggunakan celana ini karena daya tahan dan keawetan dari bahan celana itu sendiri.

Saku kecil dari celana jeans ini sesungguhnya merupakan bagian yang sering dilupakan dari celana tersebut. Namun alih-alih menyebutnya sebagai saku kecil, sesungguhnya bagian tersebut memiliki namanya sendiri seperti dilansir dari laman Levi Strauss.

Nama asli dari saku ini sendiri yaitu the watch pocket menjelaskan fungsi sebenarnya dari bagian tersebut. Pada mulanya yaitu ketika jeans awal diciptakan, bagian the watch pocket atau saku jam ini sesungguhnya sudah ada beserta dua saku di belakang dan saku depan lain yang lebih besar.

Adanya saku jam pada bagian depan celana jeans ini bermula dari fungsi awal celana ini sebagai celana dari kelas pekerja terutama penambang. Adanya bagian ini menjadi salah satu cara untuk membuat jam yang dibawa oleh penambang tersebut tetap dapat tersimpan dengan aman namun tetap mudah diakses.

Pada masa itu, bentuk jam yang digunakan oleh pekerja bukanlah arloji atau jam tangan yang kita kenal sekarang. Para pekerja menggunakan jam bundar kecil yang biasa diletakkan di saku baju. Namun pergerakan berat yang dilakukan oleh penambang dapat membuat jam ini jatuh jika ditaruh di saku baju dan membutuhkan lokasi lain yang lebih aman seperti pada celana jeans ini.

Walau begitu, seiring bergulirnya waktu dan semakin marak penggunaan jam tangan, fungsi dari saku kecil ini kian berubah. Saat ini saku kecil tersebut lebih banyak digunakan untuk menyimpan koin karena sudah tidak digunakan lagi jam bundar kecil melainkan jam tangan kecil oleh banyak orang.

 

Baca juga:

(rwp/rwp)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG