MALANG
  1. MALANG
  2. GAYA HIDUP
Pojok Ngalam

Ini alasan mengapa jalan di Sawojajar sering bikin tersesat

Mengapa wilayah Sawojajar bisa begitu menyesatkan? Beberapa pendapat ini mungkin bisa menjelaskan mengapa begitu mudah tersesat di Sawojajar.

Oleh: Rizky Wahyu Permana 26 November 2016 06:27

Merdeka.com, Malang - Bagi banyak orang yang pernah dan masih tinggal di Malang, tersesat di sebuah daerah bernama Sawojajar yang terletak di kecamatan Kedungkandang bukanlah sebuah hal yang aneh dan memalukan. Bahkan bagi penduduk yang sudah tinggal puluhan tahun di wilayah tersebut ternyata kadang masih tersesat beberapa kali di daerahnya sendiri.

Sebagai sebuah Perumnas yang berkembang di dekade 80-an dan 90-an, sesungguhnya Sawojajar memiliki struktur dan pembagian jalan yang cukup rapi. Hanya saja ternyata kerapian ini malah membuat wilayah tersebut semakin membingungkan terutama dengan pemberian nama jalan yang sama hanya berbeda gang dan blok.

"Satu jalan di Sawojajar itu bisa terbagi jadi beberapa gang dan blok yang bikin bingung kalau mencari alamat," ujar Dwi Zain, warga Tumpang yang pernah tersesat di Sawojajar.

Pendapat tersebut juga diamini oleh Gita Puspitasari yang sudah tinggal di Sawojajar selama sepuluh tahun. Dia mengungkapkan bahwa pembagian jalan dan alamat di sawojajar yang cukup unik menyebabkan banyak orang kebingungan ketika mencari alamat di wilayah tersebut.

"Alamat di sawojajar sangat unik ya, rumah belakang aja bisa beda RT. pengalaman teman yang rumahnya di daerah danau-danau (Sawojajar 1), sederet bisa beda jalan, padahal cuma dipisah gang kecil," jelas Gita.

Selain masalah dengan alamat yang sedikit membingungkan, masih ada juga permasalahan berupa tampilan gang dan jalan yang sempit dan sama di Sawojajar. Hal itu banyak membuat orang frustrasi ketika melintasi wilayah ini untuk mencari alamat atau ke rumah saudara dan teman. Bahkan jarak sempit ini kadang membuat bantuan peta di ponsel jadi tidak efektif karena jalan yang terlihat saling bertindihan, hal tersebut dialami sendiri oleh Zain ketika mencari alamat.

"Saking kecil-kecil dan dempetnya jalan, sampai di peta itu nggak kelihatan dan bingung buat cari tempatnya," jelas Zain.

Bagi Siti Rutmawati yang telah tinggal di Sawojajar selama dua tahun, masih ada satu hal lagi yang cukup menyebalkan dan sering membuatnya tersesat ketika di Sawojajar.

"Yang sering bikin kesasar itu kena banyak portal yang ditutup ya. Jadinya harus memutar lewat jalan yang tidak diketahui dan akhirnya kesasar lagi deh," jelasnya.

Meskipun membingungkan dan sering membuat orang tersesat, namun wilayah Sawojajar ini tetap merupakan salah satu wilayah yang cukup padat ditinggali dan memiliki berbagai fasilitas yang lengkap. Jadi, sudah pernah tersesat di Sawojajar?

Baca juga:

(rwp/rwp)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG