MALANG
  1. MALANG
  2. GAYA HIDUP
Pojok Ngalam

Ini yang paling membedakan becak dengan kendaraan lain

Bambang Wiyono, seorang tukang becak menyebutkan salah satu hal yang paling membedakan becak dengan kendaraan lainnya.

Oleh: Rizky Wahyu Permana 3 November 2016 10:58

Merdeka.com, Malang - Secara bentuk, becak merupakan salah satu alat transportasi yang tampilannya cukup unik. Bahkan dari jauh dan melihatnya secara sekilas saja kita sudah dapat mengenali bahwa kendaraan yang melintas tersebut merupakan becak.

Diliat dari sejarahnya, nama becak sendiri berasal dari bahasa Hokkian yaitu be chia yang memiliki arti kereta kuda. Namun tentu saja becak yang dikenal di sini tidak ditarik oleh kekuatan kuda tetapi memanfaatkan kayuhan kaki dari manusia.

Umumnya, becak memiliki bentuk yang seragam dengan dua roda di bagian depan serta satu roda di bagian belakang. Penumpang akan duduk di bagian depan pada kursi yang disediakan dan juga terdapat penutup yang membantu mencegah mereka dari sengatan matahari sedangkan pengemudinya berada di posisi belakang.

Dari bentuknya yang sudah cukup unik dan sama sekali berbeda dengan kendaraan lain yang bersliweran di jalan itu, seharusnya becak sudah menjadi sangat mudah dikenali. Namun bagi para tukang becak ada satu ciri khas yang hanya dimiliki oleh becak dan membuatnya jauh berbeda dari kendaraan lainnya.

Bambang Wiyono, salah satu tukang becak menyebutkan salah satu bagian dari becak yang membuatnya berbeda dari kendaraan lainnya.

"Jadi yang membuat becak berbeda dari kendaraan lainnya dan mudah dikenali dari jauh itu ya karena belnya," jelas Bambang.

Bel becak
© 2016 merdeka.com/Rizky Wahyu Permana

Bel becak memang memiliki suara yang unik dan berbeda dari kendaraan lain. Hal itu lah yang disebut menjadi pembeda yang dapat membuat orang tahu kalau ada becak akan melintas bahkan dari jarak yang cukup jauh.

"Jadi kalau dengar suara terrr - terrr dari jauh itu sudah pasti tahu kalau ada becak yang lewat," ujar Bambang sambil terkekeh.

Dijelaskannya pula bahwa bel yang unik dari becak itu dibuat memang untuk menjadi pembeda dan memanfaatkan barang bekas. Hal itu lah yang kemudian menjadi ciri khas becak.

"Belnya ini sendiri dibuat dari klaker (laher) bekas, kemudian diberi karet. Tapi kadang ada juga yang nggak pakai karet dan bunyi belnya tek tek tek," jelas Bambang.

Bel ini lah yang disebut menjadi pembeda utama antara becak dan kendaraan lainnya. Bahkan ciri khas suara terrr terrr dari bel becak ini memang akan selalu terngiang di telinga orang-orang yang akrab dengan kendaraan roda tiga ini.

Baca juga:

(rwp/rwp)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG