MALANG
  1. MALANG
  2. GAYA HIDUP
Kampus

Jadi Mahasiswa Baru? Ini 5 hal yang wajib kamu tahu!

Menantang dengan berbagai hal baru, berikut lima hal yang perlu kamu persiapkan sebelum memasuki masa di Perguruan Tinggi.

Oleh: Siti Rutmawati 26 Agustus 2016 18:07
© accelerated-degree.com

Merdeka.com, Malang - Bertemu orang baru, mencoba hal-hal baru serta memiliki pengalaman baru memang menjadi bagian tak terlepas dari masa-masa awal memasuki Perguruan Tinggi. Hanya saja, masa-masa menyenangkan tersebut bisa saja berubah berantakan jika kamu tak memiliki persiapan yang mantap. Nah, untuk menjalani masa-masa awal tersebut dengan lebih asik, berikut sederetan tips yang bisa kamu lakukan.

1. Pengaturan jadwal
Masa awal menjajaki perkuliahan, kamu akan menemukan perbedaan terkait penyesuaian jadwal. Jadwal mata kuliah yang akan kamu jalani tak sepadat saat masih di bangku sekolah. Kondisi ini terkadang membuat seseorang lengah terhadap pengaturan masa kuliah. Hal yang harus kamu lakukan adalah membuat perencanaan yang tepat terkait mata kuliah yang kamu ambil serta menjadwalkannya dengan baik, sehingga kamu bisa menyelesaikannya tepat waktu.


2. Bangun relasi
Berada di Perguruan Tinggi tak melulu terkait dengan kelas dan mata kuliah. Salah satu hal penting yang tak boleh kamu lewatkan adalah terkait dengan relasi. Saat memasuki Perguruan Tinggi, kamu akan memiliki kesempatan bertemu dengan banyak orang baru. Ini berarti kamu memiliki kesempatan luas untuk mengembangkan minat sekaligus memperluas jaringan relasi yang kamu miliki.

3. Aktif perkumpulan atau kegiatan mahasiswa
Masih terkait dengan pembangunan jaringan relasi, kamu bisa melakukannya dengan mengikuti berbagai perkumpulan atau kegiatan mahasiswa yang sesuai dengan minat. Misalkan kamu bisa memilih untuk bergabung dengan perkumpulan mahasiswa dari jurusan yang sama. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan informasi terkait tentang pengalaman kuliah atau data untuk mata kuliah tertentu dengan lebih mudah.

4. Tetap terhubung dengan keluarga dan teman-teman lama
Membuat pertemanan baru tak lantas membuat kamu sibuk dan mengabaikan keluarga, terutama bagi kamu yang tinggal jauh dari mereka. Usahakan untuk selalu memberikan kabar, agar mereka tak khawatir dengan kondisimu.
Hal yang serupa juga penting untuk kamu lakukan dengan kawan-kawan lama. Menjaga komunikasi meskipun jarang bertemu akan membuat pertemanan kalian akan terus terasa hangat.

5. Manajemen waktu
Keterampilan mengelola waktu sangat diperlukan untuk mengeksplorasi kehidupan kampus yang ditawarkan. Jangan terkejut jika nanti kamu akan dihadapkan pada kegiatan yang padat seperti acara sosial, kegiatan perkumpulan, tugas kuliah dan lainnya. Untuk menghadapinya, kamu harus mempersiapkan diri dengan belajar mengelola waktu dengan baik.

Baca juga:

(sr/sr)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG