MALANG
  1. MALANG
  2. GAYA HIDUP
Ngalam lawas

Kenapa orang Malang menyebut mobil pemadam kebakaran sebagai blangwir?

Ini penyebab mengapa orang-orang Malang zaman dahulu menyebut mobil pemadam kebakaran sebagai blangwir.

Oleh: Rizky Wahyu Permana 6 April 2016 16:01

Merdeka.com, Malang - Siang itu ketika hawa kota Malang sedang terik-teriknya tiba-tiba terdengar suara sirine yang melintas dari kejauhan. Ternyata suara sirine tersebut berasal dari rombongan mobil pemadam kebakaran yang bergerak cepat dan memecah keramaian di jalan. Saat mobil pemadam tersebut lewat, terdengar celetukan orang yang menanggapi suara itu, "Wah, onok blangwir liwat. Onok kobongan ndik endi yo?! (wah, ada blangwir lewat. Ada kebakaran di mana ya?!)".

Bagi anak muda yang besar di tahun 90-an apalagi untuk generasi yang lebih muda, mungkin akan sedikit asing dengan istilah blangwir itu. Namun pada orang-orang tua yang besar di tahun 80-an ke atas terutama di kalangan kakek nenek istilah ini masih banyak dipakai hingga sekarang.

Blangwir adalah sebutan yang biasa dipakai oleh orang Malang zaman dulu untuk menyebut pemadam kebakaran. Namun sebenarnya apa arti dari kata blangwir itu sendiri? Sebenarnya blangwir berasal dari bahasa Belanda dari pemadam kebakaran atau brandweer. Namun karena lidah orang Malang yang sedikit kesulitan mengucapkan kata tersebut sehingga jadinya yang muncul malah kata blangwir.

Istilah sebutan blangwir sendiri sudah muncul sangat lama, mengingat Malang yang sudah menjadi kota pada masa penjajahan belanda. Dinas pemadam kebakaran kota Malang atau pada zaman itu disebut Brandweerverordening Malang mulai berdiri pada tanggal 7 Juni 1920. Sejak saat itu lah kemungkinan istilah brandweer atau blangwir mulai dikenal.

Tetapi juga jangan dibayangkan pada masa lalu pemadam kebakaran lewat dengan sirine yang kencang seperti sekarang. Pada buku Malang Tempo Doeleoe, Dukut Imam Widodo menjelaskan bahwa pada masa lalu, pemadam kebakaran menggunakan genta atau lonceng yang cukup besar untuk menandai bahwa mereka akan lewat.

Di kota Malang sendiri, dinas pemadam kebakaran berada di jalan Bingkil yang berada dekat dengan kawasan Comboran. Jadi lain kali ketika kamu berada di jalan dan mendengar banyak orang membicarakan blangwir, maka kamu tahu bahwa yang dimaksud itu adalah pemadam kebakaran.

Baca juga:

(rwp/rwp)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG