MALANG
  1. MALANG
  2. GAYA HIDUP
Sejarah Malang

Kota Malang sebagai calon ibukota negara Indonesia

Pada masa lalu, kota Malang ternyata sempat menjadi calon ibukota negara Republik Indonesia.

Oleh: Rizky Wahyu Permana 21 April 2016 07:10
Bung Hatta pada kongres KNIP di kota Malang

Merdeka.com, Malang - Kota Malang merupakan kota yang memiliki posisi sangat strategis dan infrastruktur yang cukup memadai. Hal ini sudah terjadi sejak masa lalu sehingga Malang merupakan kota yang dipilih pemerintah Hindia Belanda sebagai salah satu kota Militer yang dimiliki. Hal tersebut rupanya juga sempat membuat Bung Karno tertarik dan menjadikan Malang sebagai salah satu pilihan bagi ibukota negara Republik Indonesia.

Gagasan ini muncul pada awal tahun 1950 dan bermula dari pembentukan Panitia Agung Ibukota Negara. Tugas dari kepanitiaan tersebut adalah untuk menyelidiki dan merencanakan penempatan ibukota negara yang sewajarnya. Dalam kepanitiaan tersebut, Presiden Sukarno juga turut terlibat.

Kota-kota yang disebut sebagai calon ibukota negara adalah Jakarta, Bogor, Bandung, Magelang, dan Malang. Tentu saja upaya tersebut disambut masyarakat di Malang dengan hangat. Bahkan Pemerintah Kota membentuk sebuah tim khusus bernama “Panitia Kota Malang sebagai Ibukota RI” yang diketuai oleh R. Soeripto untuk memuluskan rencana tersebut.

Panitia tersebut bekerja sangat keras menyampaikan kesimpulan bahwa kota Malang layak menjadi ibukota Republik Indonesia. Syarat-syarat yang telah dipenuhi adalah syarat ekonomi, metereologis, sosiologis, teknis, historis, geopolitis, dan keadaan di kemudian hari.

Kondisi masyarakat yang sudah sangat siap dan terbuka terhadap perubahan serta kemandirian ekonomi di kota Malang merupakan salah satu faktor pendukung kesimpulan tersebut. Selain itu kondisi geografis dari kota Malang yang diapit gunung juga menyebabkan lokasi ini sangat aman dari serangan yang dapat muncul di kemudian hari.

Namun rencana tersebut ternyata tidak jadi terwujud, bahkan Presiden Sukarno malah memiliki rencana untuk memindah ibukota ke Kalimantan pada sebuah kota rancangannya yang kini dikenal sebagai Palangkaraya. Walaupun begitu, hal tersebut juga tidak terwujud dan ibukota tetap berada di Jakarta.

Rencana untuk memindahkan ibukota ke Malang memang tidak pernah terwujud. Namun dari hasil penelitian panitia tersebut, dapat diketahui bahwa kota Malang memang memiliki lokasi yang sangat sempurna dan cocok menjadi ibukota. Walau saat ini tidak menjadi ibukota tetapi Malang merupakan salah satu kota tujuan baik untuk sekolah atau berlibur.

Baca juga:

(rwp/rwp)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG