MALANG
  1. MALANG
  2. GAYA HIDUP
Kampus

Lewat aplikasi ini, urusan kuliah mahasiswa tak lagi bisa tipu orang tua

Aplikasi berbasis Android, MyUMMforParents buat urusan akademik mahasiswa mudah diketahui orang tua masing-masing siswa.

Oleh: Rizky Wahyu Permana 5 Juni 2018 12:27

Merdeka.com, Malang - Cerita mahasiswa menyimpan 'rahasia' urusan kuliah kepada orang tua bukan cerita baru. Urusan uang kuliah yang terbakar atau SKS yang tidak juga selesai ditempuh kerap disimpan dan menjadi persoalan di kemudian hari.

Namun munculnya aplikasi berbasis Android, MyUMMforParents akan mengikis semuanya itu. Karena semua urusan akademik mahasiswa akan dengan mudah diketahui oleh orang tua masing-masing.

Sesuai namanya, MyUMMforParents dikembangkan oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Program tersebut dibangun dalam rangka melancarkan komunikasi akademik dengan para orang tua mahasiswa.

“Aplikasi ini dirancang untuk membuka komunikasi dua arah antara orang tua wali mahasiswa dan pihak kampus,” jelas kepala Biro Administrasi Akademik (BAA) Rahmad Wijaya di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Minggu (3/6).

Aplikasi tersebut menyediakan sembilan informasi terkait aktivitas mahasiswa UMM sejak semester awal hingga semester akhir di antaranya informasi tentang Dosen Wali, Keuangan, Kartu Rencana Studi (KRS), Jadwal Kuliah, Presensi, Kartu Hasil Studi (KHS), Transkrip Nilai, Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Tugas Akhir.

Diluncurkannya aplikasi ini juga memberikan banyak kemudahan bagi orang tua wali mahasiswa dalam mengenal lebih dalam aktivitas-aktvitas putra-putrinya dalam lingkungan kampus.
Salah satu kemudahan untuk menjalin kerjasama baik dengan universitas adalah dengan disediakannya informasi kontak dosen wali.

Para dosen wali pun pada setiap awal dan akhir semester, juga akan memberikan informasi tentang perkembangan belajar mahasiswanya.

Tidak hanya itu, MyUMMforParents juga menyediakan menu Keuangan. Orang tua dapat melihat status keuangan mahasiswa di semester awal hingga semester akhir. Menu ini mempermudah orang tua dan mahasiswa dalam merencakan keuangan selama proses belajar.

Selanjutnya, pada menu KRS, pilihan menu kedua ini memberikan informasi tentang daftar mata kuliah yang akan diambil oleh mahasiswa dalam satu semester.

Setelah merencakan mata kuliah dalam satu semester, mahasiswa akan memperoleh jadwal kuliah yang juga dapat diakses langsung oleh orang tua melalui aplikasi ini.

Tidak hanya jadwal kuliah, orang tua juga dapat memantau kehadiran putra-putrinya melalui menu Presensi yang juga tersedia dalam aplikasi MyUMMforParents.

Sementara itu, jika sebelumnya UMM mengirimkan KHS setiap mahasiswa ke masing-masing alamat asal mahasiswa di akhir semester, kini orang tua tidak perlu lagi menunggu bentuk fisik KHS untuk dapat mengetahui hasil belajar putra-putrinya.

Dengan mengakses menu KHS pada My UMMforParents informasi tentang hasil studi mahasiswa dalam satu semester dapat diakses sewaktu-waktu. Bahkan, aplikasi ini juga menyediakan akumulasi nilai sementara mahasiswa UMM dalam aplikasi Transkrip.

Sebagai kampus yang unggul dalam bidang pengabdian, di semester tujuh mahasiswa UMM diwajibkan untuk memrogram mata kuliah KKN. Orang tua pun juga dapat mengakses informasi tentang wilayah dan jadwal putra-putrinya saat melaksakan kegiatan KKN.

Selesai menjalankan pengabdian masyarakat melalui kegiatan KKN, mahasiswa pun harus kembali dan segera menyelesaikan tugas akhir berupa skripsi. Aplikasi ini juga dapat membantu orang tua dalam memantau perkembangan tugas akhir mahasiswa.

Baca juga:

(rwp)

Laporan: Darmadi Sasongko

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG