MALANG
  1. MALANG
  2. GAYA HIDUP
Event

Rayakan Bulan Film Nasional, Parade Film Malang 2018 bakal kembali digelar

Selama bulan Maret 2018, untuk memperingati Bulan Film Nasional, Parade Film Malang bakal kembali dengan sejumlah agenda.

Oleh: Rizky Wahyu Permana 26 Februari 2018 15:01

Merdeka.com, Malang - Setelah sukses digelar di tahun 2016 dan 2017, tahun ini Parade Film Malang kembali hadir. Parade Film Malang sendiri merupakan agenda event tahunan yang digagas secara kolektif oleh pegiat seni di Kota Malang dalam rangka merayakan Bulan Film Nasional yang diperingati tiap bulan Maret.

Kegiatan ini sendiri bersifat kolektif dan berangkat dari pemahaman bahwa film tidak hanya untuk kalangan terbatas dan melibatkan berbagai elemen yang berhubungan. Dengan berkolaborasi dengan berbagai komunitas dan penggiat seni di Malang, kegiatan kolektif ini diharapkan bisa menjadi wadah bertemunya para pembuat film, penikmat film dan juga masyarakat pada umumnya untuk mengadakan acara bersama-sama.

Agenda acara yang rutin digelar tiap tahun adalah pemutaran dan launching film pendek karya sineas muda Kota Malang, pemutaran dan diskusi animasi, pemutaran dan diskusi video musik, serta tak ketinggalan juga tradisi nonton layar tancepan yang diadakan dari kampung ke kampung.

Untuk penggiat musik, akan digelar pertunjukan musik (gigs) di Legipait 2 yang membawakan lagu-lagu dari film-film Indonesia. Menariknya, Malang Subnoise akan merespons klip film Indonesia dengan mengeksplorasi bunyi noise sebagai ilustrasi musik secara live. Tak hanya pertunjukan musik, Komunitas Sound Malang juga akan mengadakan workshop umum yang membahas proses memproduksi audio dan sound untuk film.

Parade Film Malang 2018
© 2018 merdeka.com/Istimewa

Untuk gelaran tahun ketiga ini, Parade Film Malang menyuguhkan konsep yang berbeda tahun-tahun sebelumnya.

"Yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kami akan membuat kompetisi, workshop, dan master class untuk penulisan script film pendek. Yang terpilih akan diwujudkan menjadi film pendek. Film pendek ini juga adalah produk pertama Parade Film Malang yang nantinya bisa didistribusikan secara nasional dan internasional," ujar Astu Prasidya, inisiator Parade Film Malang.

Tujuan dari diadakannya workshop untuk mensinergikan dan mempertemukan elemen-elemen berbagai komunitas dan seni di Malang menjadi satu ekosistem industri kreatif yang hidup. Selain itu terdapat juga kompetisi film pendek yang pendaftarannya bisa langsung melalui tautan http://bit.ly/KompetisiPFM2018.

Selama sebulan penuh pada Maret 2018, Kota Malang akan penuh dengan berbagai agenda acara dalam memperingati Bulan Film Nasional ini. Untuk mengetahui jadwalnya, simak langsung social media Parade Film Malang, di Instagram @paradefilmmlg dan Twitter @paradefilmmlg serta blog http://paradefilmmalang.blogspot.com.

Baca juga:

(rwp/rwp)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG