MALANG
  1. MALANG
  2. KABAR MALANG
Kesehatan

Bangun Kesadaran Cegah Gangguan Tiroid Lewat Workshop Skrining Hipotiroid Kongenital

Kegiatan ini penting dilaksanakan dalam rangka percepatan menurunkan angka kecacatan dan kematian bayi di Kota Malang.

Oleh: Zain M 31 Oktober 2019 16:07
Wali Kota Sutiaji di Workshop Skrining Hipotiroid Kongenital
 
Dinas Kesehatan Kota Malang bekerjasama dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) menggelar Workshop Skrining Hipotiroid Kongenital di Gedung Kartini Malang, Rabu (30/10). Lewat workshop diharapkan meningkatkan kesadaran para ibu hamil sehingga dapat mencegah secara dini gangguan tiroid pada bayinya.
 
Walikota Sutiaji mengatakan, anak adalah generasi penerus bangsa yang patut dijaga dan dilindungi. Tumbuh kembang anak sejak dalam kandungan harus diperhatikan utamanya menghindari gangguan tiroid. 
 
Tetapi tingkat kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang gangguan tiroid dinilai masih rendah. Sehingga melalui kegiatan tersebut kesadaran para ibu hamil dapat mencegah sejak dini.
 
"Kegiatan ini penting dilaksanakan dalam rangka percepatan menurunkan angka kecacatan dan kematian bayi di Kota Malang," tandas Drs. H. Sutiaji, Walikota Malang saat pembukaan workshop, Rabu (30/10). 
 
Sementara, dr. Hariyudi, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan mengatakan, untuk menurunkan angka kecacatan dan kematian pada bayi maka dilakukan Skrining Hipotiroid Kongenital di Kota Malang. 
 
"Pencanangan program ini diperuntukkan untuk seluruh bayi yang baru lahir di Kota Malang. Ini baru dilakukan pertama kalinya sehingga dukungan dari Pemkot Malang seperti saat ini sangat kami butuhkan" jelasnya.
 
Turut hadir mendapingi Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Widayati Sutiaji dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Supranoto.

(zm/zm)

Laporan: Darmadi Sasongko

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG