MALANG
  1. MALANG
  2. KABAR MALANG
Kabupaten Malang

Curah hujan baik, produksi padi di Kabupaten Malang meningkat 2,73 persen

kenaikan yang dialami sebesar 2,73 persen dengan jumlah 328.257,54 ton gabah kering giling (GKG) dibanding produksi tahun sebelumnya.

Oleh: Rizky Wahyu Permana 2 September 2018 14:56

Merdeka.com, Malang - Sejak Januari hingga Juli 2018 ini, produksi padi di Kabupaten Malang tercatat mengalami kenaikan dibanding tahun lalu. Dilansir dari Antara, kenaikan yang dialami sebesar 2,73 persen dengan jumlah 328.257,54 ton gabah kering giling (GKG) dibanding produksi tahun sebelumnya yang sebanyak 319.518,83 ton.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Malang Slamet Budi Samsul mengatakan bahwa salah satu pendorong peningkatan produksi GKG di Kabupaten Malang tersebut adalah adanya perluasan lahan tanam.

"Pada 2018 dibanding 2017, produksinya meningkat. Peningkatan tersebut terjadi karena perluasan lahan tanam," kata Slamet di kantor Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan, Kepanjen, Kabupaten Malang.

Jika produksi gabah kering giling tersebut dikonversi menjadi beras, maka pada periode Januari-Agustus 2018 produksi Kabupaten Malang mencapai 219.932,54 ton beras. Angka tersebut naik dari periode yang sama pada 2017 yang sebesar 214.077,62 ton.

Peningkatan produksi beras tersebut, selain disebabkan adanya perluasan lahan tanam, juga didukung dengan percepatan pengolahan tanah untuk musim tanam berikutnya, yang lebih singkat dari kondisi normal.

Percepatan pengolahan tanah untuk musim tanam berikutnya tersebut didorong adanya bantuan alat mesin pertanian (alsintan), serta cuaca yang mendukung. Dalam kondisi normal tanpa alsintan, para petani baru melakukan tanam padi dua bulan setelah musim panen.

Namun, peningkatan produksi padi untuk wilayah Kabupaten Malang tersebut tidak lepas dari kondisi curah hujan yang terbilang baik. Para petani yang berada di wilayah Kabupaten Malang sangat tergantung pada musim hujan, karena pada saat kemarau, sumber-sumber air juga mengering.

"Kondisi curah hujan, itu sangat berpengaruh terhadap luas total tanaman padi dalam satu tahun. Walaupun kita punya banyak bantuan mesin traktor, tapi sangat tergantung dari musim penghujan," kata Slamet.

Baca juga:

(rwp/rwp)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG