MALANG
  1. MALANG
  2. KABAR MALANG
Sosial

Harkitnas 2017, Rendra ajak masyarakat lakukan aksi nyata pembangunan

Peringati Hari kebangkitan Nasional 2017, Rendra Kresna ajak masyarakat lakukan aksi nyata pembangunan.

Oleh: Siti Rutmawati 22 Mei 2017 20:08
Ilustrasi Bendera Indonesia

Merdeka.com, Malang - Menteri Kominfo RI, Rudiantara, melalui sambutan tertulisnya menyampaikan, semangat yang sudah dibangun sejak 109 tahun yang lalu sampai saat ini, tetap ampuh menyatukan bangsa. Untuk itu, Presiden RI dalam pencanangan Nawa Cita-nya mampu memeratakan pembangunan antarwilayah demi mewujudkan daerah dan desa-desa di Indonesia dalam rangka negara kesatuan.

Awal tahun 2017, koefisien Nisbah Gini/Gini Ratio yang membaik dibanding tahun sebelumnya, merupakan ukuran kesenjangan distribusi pendapatan dan kekayaan penduduk sekitar 40 persen. Dengan begitu aparat penyelenggara negara diharapkan untuk bekerja keras menurunkan indeks kesenjangan melalui berbagai langkah yang multidimensi.

Pemerintah akan terus berupaya meningkatkan aspek pemerataan pembangunan di segala sektor, salah satunya di sektor ketenagalistrikan di 2.500 desa. Sehingga, subsidi listrik fokus pada masyarakat menengah ke bawah. Dengan demikian, dana Rp 12 triliun dapat dialihkan untuk menunjang sektor kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur.

"Diharapkan adanya gagasan dari Boedi Oetomo memunculkan dimensi baru mampu membawa perubahan besar dengan kata lain 'digitalisasi' adalah kata yang tepat," tulis Rudiantara.

Sambutan tertulis tersebut dibacakan Bupati Malang, Rendra Kresna, saat apel peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-109 di halaman Pendopo Kabupaten Malang, Senin (22/5). Rendra menuturkan, saat ini Indonesia telah mampu merasakan hasil pembangunan. Hal itu dapat diraih berkat upaya anak bangsa yang tak henti melakukan pembangunan mengisi kemerdekaan.

"Itu juga adanya semangat persatuan dari para pejuang khususnya oleh Budi Utomo yang sampai saat ini tidak pernah pudar terus menjaga NKRI. Kata kuncinya 'eksis' dalam arti kita selalu mengikuti perkembangan dengan pembangunan yang selaras dan menjadi keinginan anak bangsa," terang Rendra, usai gelaran apel.

Sebagaimana yang disampaikan dalam amanat tertulis Menkominfo tadi, imbuh Rendra, pembangunan harus bisa membuahkan berbagai hasil pembangunan yang merata dan berkeadilan. Terkait dengan strategi pembangunan di kabupaten Malang, Rendra menegaskan bahwa tiga hal, yakni pengurangan angka kemiskinan, peningkatan lingkungan hidup, dan kepariwisataan tidak akan berjalan tanpa dukungan infrastruktur yang baik. Rendra mengajak seluruh anak bangsa untuk bersatu memiliki semangat persatuan. Pasalnya, hal tersebut merupakan modal kemerdekaan bangsa Indonesia.

"Terus lakukan aksi-aksi nyata dalam pembangunan ini agar semua masyarakat bisa menikmatinya," ajaknya.

Baca juga:

(sr/sr)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG