MALANG
  1. MALANG
  2. KABAR MALANG
Kota Malang

Hewan Kurban di Malang Diperiksa dan Dipasang Label Sehat

Pemeriksaan yang sudah dilakukan di 80 titik penjualan hewan kurban ini sebagai antisipasi pencegahan munculnya penyakit zoonosis.

Oleh: Zain M 7 Agustus 2019 19:12
Hewan Kurban di Kota Malang
 
Hewan kurban di titik-titik penjualan ternak di Kota Malang dipasang label sehat usai dilakukan pemeriksaan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. Label dalam bentuk stiker ditempekan di ikatan sebagai tanda hewan dalam kondisi sehat untuk menjadi hewan kurban Idul Adha.
 
"Pemantauan di tempat penjualan hewan kurban dimulai sejak 6 Agustus, sampai nanti Jumat (9/8)," kata drh Hilda Sari, Koordinator Tim Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan di penjualan hewan ternak Jalan Widas Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Selasa (7/8).
 
Sapi dan kambing yang dijual diperiksa satu per satu guna memastikan hewan ternak tersebut sehat dan layak sebelum dibeli masyarakat sebagai hewan kurban. Pemeriksaan meliputi kondisi klinis seperti keadaan kulit, selaput lendir dan kondisi tubuh hewan secara umum.
 
"Sudah 80 lokasi kami datangi. Kalau belajar tahun lalu 111 titik. Tahun ini mungkin tidak jauh dari itu," katanya.
 
Pemeriksaan, kata Hilda, sebagai antisipasi pencegahan munculnya penyakit zoonosis yakni infeksi yang ditularkan dari hewan ke manusia atau sebaliknya. Patut dicurigai jika ditemukan gejala klinis lubang (mulut, dubur, hidung) pada hewan keluar darah. Sehingga harus dipisahkan dengan hewan yang sehat.
 
"Namun sepanjang pemeriksaan hasilnya masih nihil. Secara umum di lokasi yang kami datangi, keadaannya sehat. Biasanya sakitnya akibat perjalanan jauh," ungkapnya. 
 
Masyarakat yang akan berkurban diminta memilih hewan yang sudah dinyatakan sehat dan melalui pemeriksaan. Kondisi hewan sehat dapat dilihat dari fisik yakni cara berdiri dan nafsu makannya, serta kulit dan selaput lendirnya yang bersih.
 
"Jika ditemukan ada yang kondisinya tidak layak akan kami minta untuk dipisahkan," tegasnya. 
 
Penjual musiman banyak menjajakan ternaknya di tanah-tanah kosong di Kota Malang. Diperkirakan ratusan penjual hewan kurban menyambut rezeki menjelang Idul Adha 1440 H yang jatuh Minggu (11/8).

(zm/zm)

Laporan: Darmadi Sasongko

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG